Kiat Inovatif Veelabs Arungi Bisnis Web

Terinspirasi tren penggunaan Internet di Amerika Serikat, Ratna Haris pada 1999 memutuskan menggarap bisnis penyediaan jasa dan produk berbasis Web, lewat bendera PT Veelabs Indonesia.

by a. mohammad bs & wini angraeni

Bagi Ratna yang menjabat CEO di perusahaan tersebut, kala itu bisnis TI merupakan barang baru. Sebab, sebelumnya profesinya tak bersentuhan dengan dunia TI, yakni berkarier selama 10 tahun di perusahaan properti PT Duta Pertiwi.

Namun, tentu saja Ratna tak mau asal terjun. Karena itu, ia menggandeng seorang koleganya yang memang paham TI, Victor Wiguna. Bermodal Rp 100 juta, Veelabs didirikan. “Ketika itu, kami yakin Internet di Indonesia bakal berkembang pesat seperti di Amerika. Apalagi jumlah penduduk Indonesia sangat besar sehingga akan menjadi pasar Internet yang luar biasa,” tutur Victor.

Dijelaskan Victor yang menjabat sebagai Chief Operation Officer, dengan fokus sebagai web developer, Veelabs membidik segmen korporat sebagai target pasarnya. Positioning-nya pun diperluas sebagai total online marketing provider. Maksudnya, Veelabs memberikan layanan secara menyeluruh kepada perusahaan yang ingin masuk ke dunia online marketing. Jenis layanannya mencakup: jasa konsultasi, desain web, aplikasi mobile, maintenance, jejaring sosial dan sebagainya. Saat ini, diklaim Victor, Veelabs memiliki klien lebih dari 300 perusahaan, baik nasional maupun multinasional, antara lain: Honda, XL, Mazda, Unilever, Toshiba, Yamaha, Panasonic, Bentoel, Kalbe Farma, Soho, Indofood, Suzuki, Danone, Danareksa, Jamsostek, Kimia Farma, dan Matahari. “Secara umum perkembangan bisnis web developer sangat bagus. Sekarang ini tampilan website sudah seperti fashion,” kata Victor.

Menurut Victor, layanan bisnis Veelabs terus mengalami perkembangan. Setelah web developer, pada 2004 Veelabs mengembangkan produk siap pakai seperti VOAS (intranet), VCRM, VSMS, VOSS (online shopping system), dan lain-lain. Lalu, tiga tahun berikutnya Veelabs meluncurkan portal e-commerce bernama Dinobar.com, yang disusul dengan portal komunitas Dinogroups.com (2008) dan portal jual-beli Dinomarket.com (2009).

Dinomarket, diklaim Victor, merupakan mal online terbesar di Indonesia. Menurutnya, puluhan ribu pengakses mengunjungi Dinomarket setiap hari. Dalam kurun waktu hampir dua tahun jumlah anggotanya mencapai 100 ribu. Sebagai market host terbesar di Indonesia, pengunjung bisa menemukan jutaan item barang yang dipajang di Dinomarket. Selain versi website, saat ini Dinomarket sudah memiliki versi iPhone, dan dalam waktu dekat juga BlackBerry.

Menurut Victor, selain dilengkapi fitur canggih, Dinomarket sendiri dirancang secara khusus sesuai dengan kultur orang Indonesia. Misalnya, orang Indonesia menyukai pendekatan personal, maka di Dinomarket penjual dan pembeli bisa berinteraksi langsung secara fleksibel. Mereka yang menentukan sendiri bagaimana cara transaksi yang cocok bagi kedua pihak. Juga, untuk mengakomodasi budaya tawar-menawar harga, disediakan tool untuk chatting antara penjual dan pembeli. “Anda pun tidak perlu nongkrong di toko online 24 jam. Kami melengkapi Dinomarket dengan layanan alert SMS secara gratis jika ada pembeli yang tertarik dengan barang dagangan Anda,” ujar Victor.

Selain Dinomarket, tahun lalu Veelabs mengembangkan layanan baru mobile yaitu iPhone Application Developer dan BlackBerry Application Developer. “Sejak awal tahun 2010, kami didukung penuh oleh RIM Asia Pasifik sebagai satu-satunya developer Super Apps untuk BlackBerry di Indonesia,” Victor mengklaim dengan bangga.

Kini, setelah sekitar satu dasawarsa berkiprah, Veelabs boleh dibilang telah menjelma menjadi perusahaan penyedia layanan online terkemuka di Tanah Air. Victor mengklaim, rata-rata pertumbuhan bisnisnya mencapai 70% per tahun, dengan perkiraan omset saat ini Rp 10 miliar. “Awalnya, tidak mudah mengembangkan Veelabs ini. Apalagi kami terjun di bisnis yang pada waktu itu mungkin banyak orang menganggap sebagai bidang bisnis yang tidak lazim, jauh dari prospektif,” ungkap pria kelahiran Jakarta 15 April 1970 ini. “Bahkan, pada awalnya susah sekali kami meyakinkan calon klien bahwa apa yang kami kembangkan adalah sesuatu yang bagus. Tapi sekarang berbeda,” ia menambahkan.

Ke depan, diakui pria lulusan Universitas Trisakti ini, persaingan di bisnis layanan online akan semakin ketat dengan semakin banyaknya pemain. Toh, Victor tetap pede Veelabs akan tetap leading. Syaratnya, tetap inovatif, ditopang dengan budaya kerja yang profesional dan kekeluargaan yang kuat. “Prinsipnya, Veelabs selalu berupaya melakukan inovasi baru,” ia menegaskan. Keuntungan Veelabs lainnya dibanding kebanyakan pesaing: lebih dulu terjun di bisnis web ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s