Megawaty Khie Kini Memimpin Dell

Bill Gates kehilangan salah satu pilar kuncinya di Indonesia, Megawaty Khie. Wanita berprestasi ini menyatakan mundur dari PT Microsoft Indonesia (MI) untuk bergabung dengan Dell Corp. menduduki posisi Manajer Country Dell Indonesia.

Lompatan karier ini sebenarnya tidak terlalu mengherankan, karena Megawaty pasti akan selalu mencari tantangan baru yang menggairahkan dirinya. Toh, selama di MI sudah banyak prestasi yang ia torehkan.

Di antaranya, selama dinakhodai Megawaty, segmen small medium business MI mampu bertumbuh 300%. Penjualannya pun terdongkrak 4-5 kali lipat. Bahkan, Divisi Bisnis yang sebelumnya hanya menyumbang sekitar 30% terhadap total pendapatan MI, di tangan Megawaty kontribusinya naik menjadi 60% per tahun. Selain itu, jumlah reseller mengalami peningkatan, dari sekitar 1.500 menjadi 5.000 reseller di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, Megawaty merupakan salah satu the best employee yang mengoleksi sejumlah penghargaan, baik di tingkat lokal maupun kawasan. Termasuk penghargaan sebagai The Best Spoke Person in Asia Pacific tiga bulan lalu. Nama Megawaty tercatat dalam mailstone dan terpampang di kantor Microsoft Asia Pasifik di Singapura.

Nah, di tempat baru, wanita mungil kelahiran Jakarta, 4 November 1970 ini bakal menerima tantangan sejalan dengan ambisi Dell untuk menjadi yang terdepan di segmen enterprise di Indonesia, baik untuk produk notebook, desktop maupun server. “Megawaty diharapkan bisa menjadikan Dell sebagai pemain nomor satu di segmen pasar enterprise. Kami sangat optimistis Megawaty bisa melakukannya. Ia mempunyai pengalaman dan business acumen yang tajam dengan track record yang baik dalam membuat strategi dan menjalankannya,” ujar Andreas Diantoro, Direktur Regional Asia Selatan/Grup Developing Markets Dell Corp.

Megawaty mengaku sangat senang bisa bergabung dengan perusahaan produsen komputer yang dinilainya memiliki pertumbuhan paling exciting di dunia. “Saya optimistis, karena kualitas produknya sangat bagus, serta potensi untuk mengembangkan pasar dan terus bertumbuh masih sangat besar,” Megawaty menandaskan. Bahkan, ia berani menargetkan posisi nomor satu ini bisa dicapai pada pertengahan tahun depan, meskipun untuk mencapainya ia harus bisa me-maintain pertumbuhan sebesar 50%. Artinya, harus lebih cepat dari pasar.

Megawaty mengakui, untuk mencapai target tersebut tidak mudah. Harus ditopang semangat dan kerja keras, selain strategi jitu. Oleh karenanya, ibu dari Oscar, Imelda dan Angelina ini telah mengambil ancang-ancang untuk melakukan pembenahan dan terobosan. “Paling awal yang akan saya lakukan adalah memperkuat fondasinya lebih dulu,” Megawaty menegaskan. Dijelaskannya, untuk memperkuat fondasi ini ia akan melakukan perbaikan infrastruktur, yang mencakup sumber daya manusia, distributorship dan citra perusahaan.

Untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas SDM, lanjut Megawaty, pihaknya akan membangun sebuah tim yang mampu bersaing, termotivasi dan memiliki passion. “Saya selalu bicara ke mereka how to result big growth goal. Untuk itu, semuanya harus memiliki spirit untuk menuju ke tujuan yang sama. Itu yang penting. Saya tidak akan bisa melakukannya sendiri. Namun, saya sangat percaya bahwa kekuatan ada pada tim. Oleh karena itu, saya akan membangun sebuah tim dengan pendekatan kekeluargaan,” ungkap Megawaty.

Sementara untuk memperkuat distributorship, sejumlah rencana telah disiapkan Megawaty. Saat ini Dell memiliki 10 partner (distributor) dan 22 Dell Authorized Service Provider di 7 kota. Akan tetapi, sejauh ini pendapatan terbesar Dell, sekitar 80%, masih dikontribusi dari kawasan Jabodetabek. Maka, Megawaty berencana membentuk distributor regional (DR), yakni DR Surabaya yang membawahkan Indonesia Timur, dan DR Medan yang membawahkan seluruh Sumatera. DR ini, lanjut Megawaty, akan dikembangkan seperti sub-business unit dengan otoritas penuh untuk menggarap dan mengembangkan pasar yang ada di wilayahnya.

Bahkan, dalam struktur organisasi akan dimasukkan penanggung jawab khusus untuk distributorship ini, yakni manajer channel. Tugasnya khusus menangani dan mempererat hubungan dengan para distributor. Selain itu, Megawaty juga berencana menggandeng sejumlah asosiasi, seperti Apkomindo, untuk memperluas jangkauan penjualan Dell. Lagi, dalam waktu dekat Megawaty berencana melakukan safari mengunjungi para distributor. Tujuannya, selain mempererat hubungan, terpenting berupaya meningkatkan skill menjualnya. Adapun dari sisi citra perusahaan, lebih ke arah memperkuat visibilitas dan branding Dell. Upaya yang dilakukannya dengan meningkatkan kegiatan promosi, baik above maupun below the line, yang disesuaikan dengan target pasar.

(SWA 12/XXI/ 15 Juni 2006)

One response to “Megawaty Khie Kini Memimpin Dell

  1. Selain dari unjuran yg lebih tinggi dari MI,apa ada alasan lain yg bisa membuat Megawaty meninggalkan MI dan masuk ke Dell ? Saya ingin penjelasan dari dia sendiri karena saya adalah kakak sekandungnya tapi dia tidak pernah merasakan bahwa dia itu mempunyai family sendiri malah semua orang dikeluarga dianggap sepeleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s