Ateja: Dari Padalarang Menjangkau Dunia

Bicara kain jok dan tekstil interior, kemungkinan besar orang akan menyebut nama Ateja. Maklum, selain sebagai pionir di industrinya, produk Ateja mendominasi pasar lokal. Bahkan, merek ini juga cukup dikenal di pasar internasional. “Kami bukan pemain baru di dunia. Di pasar Eropa dan Amerika nama Ateja diperhitungkan,” ujar Benny Judiharjo, Direktur Operasional PT Ateja Multi Industri, berbangga diri.

Perusahaan ini berdiri pada 1974. Perusahaan yang berbasis di Padalarang, Jawa Barat, ini dikembangkan oleh Sugianto Sadar (sekarang presdir), Kurniadi M. Candra (salah seorang direktur), dan Agus S. Candra (komisaris). Bidang usahanya industri tekstil, khususnya memproduksi tekstil interior. Sejak awal berdiri, produk yang dihasilkan telah menggunakan nama Ateja — singkatan “Anugerah Tuhan Terus Jaya” — sebagai merek dagangnya.

Pada 1978, Ateja mulai memasarkan produknya ke Singapura dan Malaysia. Selanjutnya, pada 1980 badan hukum perusahaan dibentuk dengan nama PT Ateja Tekstil Industri — dan setahun kemudian berubah menjadi PT Ateja Multi Industri. Untuk mempertegas keberadaannya, sekaligus sebagai upaya brand building di luar negeri, Ateja pun membuka kantor perwakilan di Singapura. Saat ini, kantor perwakilan Ateja juga ada di Malaysia dan Cina. “Tahun 1986 merupakan tahun yang bersejarah buat kami, karena kami mulai menyuplai kain jok untuk kebutuhan mobil Toyota melalui Toyota-Astra Motor,” Benny menandaskan. Selain Toyota, kini sebagian besar mobil yang diproduksi di Indonesia menggunakan kain jok keluaran Ateja, seperti Nissan, Honda, dan Isuzu.

Karena persaingan makin ketat, manajemen Ateja mengintensifkan upaya pemasaran. Antara lain, mulai aktif berpartisipasi secara reguler dalam pameran tekstil internasional, seperti Decosit (di Belgia), Interzum, Heimtextile, Orgatex (Jerman), Index (Dubai), Evteks (Turki), IPSA (AS), dan Fenavem (Brasil).

Promosi lewat media cetak — baik lokal maupun internasional — pun mulai dilakukan, seperti beriklan di Majalah Interior (Inggris) serta Fabric & Furnishing (AS). “Besarnya bujet promosi tergantung pada penetrasi pasar kami,” ujar Benny. Perusahaan ini juga mengembangkan website perusahaan (www.ateja.co.id), sehingga orang dari seluruh dunia dapat mengetahui profilnya.

Di mancanegara, selain membuka kantor perwakilan, Ateja juga membuka ruang pajang melalui agen, importir, dan para distributornya (wholesaler). Di pasar luar negeri ini, perusahaan ini juga menjual langsung ke kalangan end user, pabrik mebel, pabrik springbed, dan pembuat jok mobil. Agar langkahnya lebih lancar, Ateja menjalin hubungan baik dengan Kedubes Indonesia.

Kekuatan merek Ateja juga ditopang oleh keberhasilan memperoleh sertifikasi ISO 9002 — yang menjadikannya perusahaan tekstil interior pertama di ASEAN yang menggaet sertifikasi tersebut. Perusahaan ini juga telah mendapatkan sertifikasi ISO/TS 16949 untuk kain interior transportasi –sekaligus sebagai perusahaan tekstil pertama yang mendapatkannya di Indonesia.

Upaya membangun merek ini dilakukan dengan menerapkan 8 poin terobosan (lihat Boks). Sebagai contoh, dalam menciptakan tren produk di luar negeri, Ateja mengembangkan diferensiasi produk agar dapat memenuhi ekspektasi, keinginan, dan kebutuhan pelanggan di negara tujuan. Lalu, dalam kaitannya dengan menciptakan nilai tambah buat pelanggan, Ateja berupaya mengirim tepat waktu, menindaklanjuti setiap keluhan dengan cepat dan tepat, mengadakan Ateja Customers Gathering, dan menyebar angket kepuasan pelanggan, baik untuk mitra di dalam maupun luar negeri.

8 Poin Terobosan Ateja:

1.Manpower, yakni terobosan dalam pemilihan orang — baik tenaga penjualan, distributor maupun pelanggan — di negara tujuan ekspor.
2.Mutu yang dapat diandalkan.
3.Efisiensi, untuk menghasilkan produk dengan harga yang kompetitif sehingga dapat bersaing di negara tujuan ekspor.
4.Teknologi, yakni dengan menggali dan mengembangkan teknologi yang dapat menciptakan tren pasar.
5.Nilai tambah bagi setiap pelanggan.
6.Costing minded, yakni mengaitkan segala pekerjaan dengan biaya supaya efisien dan memperoleh hasil optimal.
7.Kerja sama yang baik dengan pihak distributor, agen, dan pelanggan di luar negeri.
8.Peningkatan penjualan lokal dan ekspor.
————————————————————————————————

Toh, tidak berarti perjalanan Ateja senantiasa mulus. Diakui Benny, Ateja pun pernah mengalami masa-masa pahit. Terutama, ketika ingin memasuki pasar AS dan Eropa. “Awalnya produk Ateja dipandang sebelah mata oleh pelanggan di negara-negara tersebut. Ini disebabkan country image Indonesia yang kurang baik. Juga, adanya pandangan bahwa produk dari Indonesia merupakan produk middle-to-low alias berkualitas rendah,” katanya mengenang.

Namun, dengan menciptakan terobosan baru dan mengikuti tren yang berkembang serta menjalin hubungan baik dengan pelanggan di negara-negara tersebut, lambat laun kehadiran Ateja bisa diterima. “Cara yang kami lakukan untuk mengatasi kendala ekspor adalah dengan menerapkan prinsip 4P, menciptakan produk yang mempunyai value added tinggi tetapi dengan harga yang bersaing, dan memahami customer needs,” ujar Benny.

Sekarang, Benny mengklaim, merek Ateja sangat dikenal di luar negeri. Contohnya, pada 2005, Ateja merupakan satu-satunya merek dari Asia yang dipilih Honda sebagai pemasok kain jok interior untuk produk Honda Civic yang dipasarkan di Eropa dan Honda Accord di AS. Produk Ateja juga dipakai sebagai kain interior di bandara-bandara internasional, seperti Changi, Kuala Lumpur, dan Soekarno-Hatta. Bahkan, salah satu desain produk Ateja berhasil mencapai predikat Best of the Best dalam Decosit Fair 2007 yang berlangsung di Brussel, Belgia, 7-11 September 2007.

Menurut Benny, prestasi seperti itu bisa dicapai karena Ateja didukung oleh layanan yang baik, mutu yang konsisten, dan harga jual yang kompetitif. Dengan penjualan 6-10 juta meter/tahun, kini produk Ateja sudah dipasarkan ke lebih dari 35 negara di Amerika, Eropa, Afrika, Asia dan Australia. Segmen pasar yang dibidik produk kain interior ini terbagi ke dalam empat kategori: home furnishing, transportation interior, mattress ticking, dan contract fabric. Menurut Benny, sesuai dengan visinya, Ateja ingin menjadi salah satu perusahaan kain interior yang terbaik dan dapat diandalkan di dunia.

Keperkasaan Ateja di industri kain interior dunia diakui Rahayu Budi, anggota Dewan Juri Primaniyarta Award. Menurutnya, Ateja konsisten dalam mengupayakan branding, menjaga kualitas produk, dan melakukan pemasaran ekspor. “Saya lihat tim R & D Ateja juga sangat baik. Terbukti beberapa kali mendapat award untuk desain orisinal dari pabrikan otomotif untuk pasar Eropa. Ini hal yang membanggakan,” ujarnya.

Menurut Rahayu, walaupun pola dagang Ateja adalah business-to-business (B2B), tidak berarti bisa mengabaikan aspek branding. Justru sebaliknya, mengingat persyaratan dalam transaksi B2B lebih ketat daripada transaksi ritel business-to-consumer. Pasalnya, prinsipal akan meminta kualitas yang tinggi, sertifikasi (semacam ISO), nilai yang lebih dibandingkan pemain lain, dan sebagainya. “Ke depan, tentu Ateja harus terus konsisten. Dan, untuk mengimbangi Cina, Ateja harus bisa terus menjaga mutu R & D dan teknologinya,” ujar Rahayu menyarankan.

(SWA No. 22\XXIIV\8-24 Oktober 2007, Ditulis bersama Afiff MD)

17 responses to “Ateja: Dari Padalarang Menjangkau Dunia

  1. ateja sungguh luar biasa, andaikan aku bs berkarir diateja..

  2. Dengan hormat,
    Saya mau tanya kalau harga kain untuk sofa berapa? dan kalau bisa kirim katalog ke saya, karena saya harus memakai kain yang mempunyai sertifikat ISO.
    Terima kasih sebelumnya,

    Dedi Hendra

    Phone : +62231341818 – 488377
    Fax : +62231341118
    Mobile : +6281324 458888

  3. dengan h
    saya hormat,
    saya berniat untuk membuka toko kein sofa
    saya berniat memasok kain dari ateja
    bisa tolong hubungin saya di
    hp.08115705528
    bahtiar

  4. salam hormat,
    saya meli, saya berniat membuka toko kain sofa di batam
    bisakah saya mendapat pricelist serta sample kain dari ateja?
    dan contact person di jakarta dari pt.ateja untuk pemesanan

  5. Sandy Faizal

    DH,

    Saya butuh kain jok kulit (kalep) untuk export dgn standar California, ateja sedia gak ya??

  6. kynya ini bkn website ateja deh
    pantes aj gk da yg jwb pertanyaan :))

  7. Dear Sir,

    Do you have any agent / distributor in India for sourcing your fabric locally ?

  8. saya mau tanya…kira2 ada gak ya produk ateja yg reject atau yg cacat…karena mau saya beli..borongan jg boleh…kalau ada tolong hub email saya

  9. menawarkan kerjasama pembelian ban bekas..

  10. bisa hubungi 022 91316643 terimakasih

  11. Terima kasih untuk liputan ini, hanya saja saya informasikan bahwa Presdir Komisaris dari ATEJA adalah Bpk. Subianto Tjandra.
    Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi no telp ATEJA di 022.6866322 Fax 022.6866320.
    Terima kasih.

  12. ada emailnya gak ?

  13. Dear Rekan2,

    Mohon maaf kalau sudah pernah mendapat informasi serupa sebelumnya.

    Saya berbagi informasi nih buat kita semua, mudah2an bermanfaat.

    Barangkali ada dari rekan2 yg sedang butuh dana/income dalam jumlah
    besar..

    Rekan2 bisa baca cara mendapatkannya disini (silakan klik atau
    copy-paste link berikut ke browser anda):

    http://www.prog5milyar.com/?id=dsulistyowarno

    Selamat mencoba semoga berhasil, sudah banyak yang sukses

    Salam,
    TIO
    =================================================================

    KESAKSIAN MEMBER

    BISA MENGULIAHKAN ANAK DAN BIAYA BEROBAT IBU YG SAKIT

    Dear webmaster program 5 milyar,
    Saya ingin berterima kasih sekali kepada anda karena dengan adanya program ini saya betul2 terbantu dalam pemenuhan berbagai kebutuhan dana keluarga saya. Biaya ibu berobat ke rumah sakit, biaya kuliah anak2, dan insya Allah untuk biaya beli rumah yg lebih layak bulan depan (mudah2an).
    Awalnya saya kenal program ini, saya mendapat email dari seorang teman (beda kantor). Ada program bisnis bagus nih, katanya. Sistemnya sederhana, gampang dipahami, dan kalo sabar bisa mendapatkan penghasilan lebih dari 5 milyar, tambahnya lagi. Mendengar kata-kata 5 milyar, saya berpikir skeptis, mana mungkin, batin saya, akhirnya saya delete saja email tsb. Sekitar 4 bulan setelah itu, saya mendapatkan email yg sama dari rekan yg berbeda. Dengan semangat menggebu2 di emailnya dia bercerita kalo dalam waktu sebulan dia bergabung, saldo di rekening BNI-nya bertambah lebih dari Rp 100 juta. Saya berpikir, gak mungkin dua orang sahabat baik saya berbohong tentang hal yg sama terhadap saya. Lagi pula gak ada ruginya bergabung, toh cuma 180 ribu saja, itu pun sudah dapat produk berupa program bisnis. Akhirnya, iseng2 saya gabung, tanpa harapan yg berlebihan. Kemudian saya informasikan bisnis ini lewat email, sms, mulut ke mulut, dll ke sekitar 80 orang. Sebagian dari mereka ada yg saya kenal dan ada juga yg tidak, setelah itu saya lupakan.
    Sekitar 3 bulan setelah itu, waktu saya menyetor uang ke bank (jumlahnya sekitar 500 ribu waktu itu), waktu buku tabungan saya di-print saya menunggu lama sekali, teller-nya bilang buku tabungan saya sudah tidak muat lagi dan harus diganti dengan yg baru. Saya kaget, ada apa? Rasanya dalam 3 bulan terakhir saya tidak melakukan transaksi apa2. Begitu saya cek, di kolom kredit isinya 50 ribu dan 10 ribu banyak sekali dan di kolom saldo tercetak angka 160 juta lebih dan jika ditambah dengan buku ke 2 totalnya ada 250 juta sekian. Sontak saya kaget, ini duit begitu banyak dari mana? Setelah berpikir keras dan melihat angka 50 ribu dan 10 ribu baru saya teringat program 5 milyar yg saya pernah gabung dulu karena waktu gabung saya juga mentransfer 50 ribu dan 10 ribu ke beberapa orang.
    Aduh maaak, terima kasih Tuhan, terima kasih webmaster. Saya bisa kuliahkan anak dan membantu biaya berobat ibu saya yg sakit dengan dana ini. Setelah itu saya betul2 percaya bahwa program bisnis ini bener2 bekerja. Sejak itu saya mulai aktif mempromosikan bisnis ini ke siapa saja, lewat email, milis, sms, dll. Sekarang hasilnya sudah lebih dari 500 juta masuk ke rekening bank saya. Sekali lagi terima kasih webmaster program 5 milyar.
    Salam,
    Bambang Widjatmoko
    Surabaya
    bambang230xxx@yahoo.com
    *****************************************************************************
    — Isra Purnomo wrote:

    From: Isra Purnomo
    Subject: Fokus ke produk
    To: program5milyar@…
    Cc:
    Dear program 5milyar,
    Suatu pengalaman yg sangat berkesan bagi saya bisa menjadi anggota program ini. Jujur semula saya agak ragu untuk join karena saya tidak punya banyak teman. Saya ragu apakah saya akan bisa mengajak teman2x saya yang sedikit itu untuk gabung, akhirnya saya pilih gabung untuk membeli produknya saja. Sebagai karyawan di sebuah perusahan swasta saya sangat tertarik dg produk no.2 (Panduan Menjadi Kaya sebagai Karyawan). Dengan mengikuti panduan di buku ini sedikit demi sedikit kondisi keuangan keluarga saya mulai membaik. Saya rasa semua karyawan wajib memiliki buku ini utk memperbaiki problem keuangannya atau keluarganya.
    Setelah bergabung saya hanya punya tekad satu saja: gimana supaya bisa memiliki semua buku2 di program 5milyar ini secara gratis. Berarti saya harus balik modal, itu juga berarti saya harus ngajak 4 orang teman utk bergabung (4 x 50rb = Rp 200rb). Karena teman saya tidak banyak, sambil menguatkan tekad, berhasil juga saya mengajak 4 orang setelah 1 bulan (lama banget yah.., hehe..) salah satunya adalah ponakan saya yg masih kuliah. Saya rasa cukup sudah perjuangan saya di program ini, saya udah balik modal, berarti saya udah dapatkan produk2 program5milyar secara gratis. Setelah itu saya fokus mempelajari & menerapkan semua petunjuk yg ada di produk no.2.
    Tapi terjadi kejadian luar biasa di luar dugaan saya. Ternyata salah satu member saya (ponakan saya yg masih kuliah tadi) sangat aktif memprospek orang. Ternyata dia anak yg gaul di kampusnya, temannya banyak. Tiap hari ada aja orang yg gabung lewat websitenya. Yg lebih menarik, dia punya member (temannya) yg berasal dari Ujung Pandang, temannya ini gak kalah aktifnya, hari pertama gabung saja dia udah dapat 9 orang, katanya seluruh keluarganya dan tetangga-tetangganya diajakin semua.
    Setelah jalan 3 bulan, saya sudah gak kenal lagi siapa yg gabung di jaringan saya. Tiap hari ada saja member yg gabung dari seluruh pelosok tanah air. Ada yg dari Jakarta, Semarang, Ujung Pandang, Medan, bahkan ada yg dari Papua. Tidak kurang dari 200 juta sudah mengalir ke rekening saya setelah 4 bulan gabung. Penetrasi bisnis yg sangat pesat. Thank God, thanks for my all member. Lucunya, semua berasal dari ponakan saya tadi dan member2nya, terus melebar ke bawah. Benar kata sponsor saya yg mengajak saya dulu: setelah kita mendapatkan beberapa orang member, usaha kita melakukan promosi jadi ringan, karena dibantu oleh member-member kita tsb. (Isra Purnomo, Cilandak – Jakarta Selatan)
    *****************************************************************************
    ——————Original Message—————-
    From : Kurniawan Zein [mailto: kurniawan_zxxx@yahoo.com]
    To: program5milyar@…
    Cc:
    Subject: Testi bwt program5milyar.com, tarok di website ya..
    Webmaster yth, terima kasih banget saya sudah dikenalkan pada program ini. Betul-betul spt mukjizat, kondisi keuangan saya berubah drastis. Tadinya saya yg punya hutang sana-sini, pinjaman ke bank juga udah puluhan juta, alhamdulillah sekarang sudah bisa saya lunasi semua, betul2 lega sekali rasanya.
    Tidak banyak yg bisa saya ceritakan, saya yg semula gabung di program ini hanya iseng-iseng, sekarang saya serius mengembangkan jaringan di program ini melihat gaji saya yg tidak ada apa-apanya lagi dibanding yg saya peroleh di bisnis 5m ini. Saya yakin, pertumbuhan pengguna internet yg sangat pesat di tahun ini dan tahun2 mendatang akan jadi target market yg sangat potensial bagi member program ini.
    Semoga program5milyar.com makin jaya di masa-masa mendatang.
    Salam Sukses,
    Kurniawan Zein
    Electrical Engineer
    PT. Cyborg Indonesia
    Jl. Jend. Sudirman Kav 17 Blok D9, Jakarta.

    SCAN BUKU TABUNGAN
    ——————Original Message—————-
    From : Kurniawan Zein [mailto: kurniawan_zxxx@yahoo.com]
    To: program5milyar@…
    Cc:
    Subject: Scan Buku Tabungan Saya
    Webmaster bisnis 5M,
    Banyak email yg masuk ke saya menanyakan apakah saya betul2 mendapatkan ratusan juta dari bisnis ini. Simple saja, saya kasih lihat saja kepada mereka scan-an buku tabungan saya. Saya kirimkan scan tsb via email ini ke webmaster agar bisa ditarok di website. 50ribuan dan 10ribuan masuk banyak sekali mencapai 3 juata-an per hari.
    Oya, ukuran file scan-annya cukup besar, agar website tidak jadi berat, saya kirim scan-an 3 halaman saja
    Terima kasih,
    Salam Sukses,
    Kurniawan Zein
    Electrical Engineer
    PT. Cyborg Indonesia
    Jl. Jend. Sudirman Kav 17 Blok D9, Jakarta.
    Scan buku tabungan Rekan Kurniawan Zein bisa didownload disini,
    http://www.prog5milyar.com/B.Tab_Kurniawan_Zein.pdf

  14. aslm”km saya dari smk wiraswasta cimahi..
    dengan senang hati ingin bekerja di ateja..
    apakah bisa

  15. ini web kumpulan tulisan….baca dulu dong…

  16. saya dodi herman…barangkali di ateja ada mesin warving,,,saya pengalaman jadi operator warving 6tahun,,,,,hubungi 085871107695

  17. Mau nanya utk showroom/toko di jkt dimana ya,rencana kami berniat
    utk beli kain utk accesories mobil

    tks,
    Assofa
    (pelangi91@ymail.com)

Leave a Reply

