Sakti Wahyu Trenggono: Dari Agen Perangkat Telekomunikasi Menjadi Raja Menara BTS

Naluri bisnisnya yang tajam mampu mengendus peluang usaha besar di balik berkembangnya bisnis telekomunikasi nasional, yakni bisnis penyewaan menara BTS. Bagaimana liku-liku Sakti Wahyu Trenggono “dengan Indonesian Tower ” merintis dan menguasai bisnis yang relatif baru ini?

by a. mohammad bs

Coba bayangkan jika semua operator telekomunikasi di Indonesia saling geber membangun menara (tower) baru untuk memasang base transciever station (BTS) mereka! Boleh jadi, negeri ini–setidaknya di beberapa kota besar–akan menyerupai hutan menara! Dan, mungkin saja kehadiran menara-menara BTS itu akan merusak keindahan kota.

Memang, sesungguhnya para operator itu tak harus membangun sendiri menara BTS mereka. Pasalnya, mereka bisa menyewanya, baik dari operator lain yang memiliki menara maupun dari perusahaan penyewaan menara BTS. Keuntungan menyewa tentu tak perlu investasi besar-besaran, tapi cukup mengeluarkan ongkos operasional penyewaan, yang biasanya dibayar bulanan. Di kawasan Asia, pola menyewa BTS sebenarnya sudah dipelopori oleh kalangan operator telekomunikasi di Indonesia. Namun, dalam perkembangannya justru kalah oleh para operator di negara lain semisal India yang kini seluruhnya menggunakan pola penyewaan menara secara bersama-sama.

Berkembangnya tren inilah yang berhasil diendus oleh Sakti Wahyu Trenggono, yang kini terhitung sukses berbisnis penyewaan menara BTS. Walau tentunya, jalan mencapai sukses itu tak berlangsung mulus.

Bagi Sakti, dunia teknologi informasi dan telekomunikasi (information & communication technology/ICT) sejatinya bukan hal baru. Maklum, selain mengantongi gelar sarjana bidang Manajemen Informatika dari Universitas Bina Nusantara, ia juga pernah berkiprah selama 6 tahun membenahi sistem TI di Federal Motor (kini Astra Honda Motor). Mantan Manajer MIS & Strategi Korporat Federal Motor ini termasuk tim yang terlibat dalam proyek business process reengineering, khususnya pada implementasi sistem supply chain management anak usaha Grup Astra itu. Ia juga membantu implementasi sistem manufaktur dan distribusi perusahaan ini. Hengkang dari Federal Motor, Sakti kemudian berkarier di Inkud (1995-1998) hingga menjadi Direktur Perencanaan & Pengembangan Bisnis. Ia kemudian memutuskan untuk berwirausaha menjadi pemasok kayu, tapi gagal.

Sakti lalu merasa ia harus memanfaatkan kompetensinya di bidang yang terkait dengan dunia ICT. Maka, berbekal modal Rp 250 juta, Sakti bersama dua koleganya–Abdul Satar dan Abdul Erwin–pada 1999 mendirikan PT Solusindo Kreasi Pratama (SKP). Sebagai pemegang saham mayoritas (80%), kelahiran Semarang, 3 November 1962 ini memegang jabatan Presdir; sedangkan Satar (15%) sebagai Direktur Pembangunan; dan Erwin (5%) sebagai Direktur Keuangan & Administrasi. Bisnis yang mereka garap pada mulanya adalah menjual perangkat telekomunikasi dan TI. Jelasnya, SKP berperan sebagai agen pemasaran produk Lucent Technologies di Indonesia. Di samping itu, SKP juga mengageni sejumlah produk peralatan telekomunikasi dari vendor asal Jepang dan Korea.

Sakti kemudian melihat ada hal menarik di balik berkembangnya bisnis telekomunikasi yang digarap kalangan operator telekomunikasi. Yakni, ekspansi mereka selalu membutuhkan keberadaan menara BTS. “Ini sebuah peluang emas,” begitu pikirnya. Karena itu, pada 2001 SKP pun mengalihkan usahanya ke bidang penyewaan menara. “Kami melihat di negara-negara maju, para operator tak lagi membangun menara, tapi mereka melakukan alih daya (outsource). Nah, kami ingin mengembangkan industri baru itu di Indonesia,” ucap Sakti. Kebetulan pula waktu itu Lucent memutuskan menghentikan keagenan produknya di Indonesia.

Bersama dua mitranya tadi–belakangan masuk nama M.G. Gatot Tetuko yang kini sebagai salah seorang direktur–Sakti dibantu 9 karyawannya dengan penuh semangat mulai dari menawarkan dagangannya ke semua operator. Bercermin dari negara-negara maju, Sakti sangat optimistis jasa yang ditawarkannya bakal diminati pasar. Namun, rupanya ia terlalu yakin. Jasa yang ditawarkannya tidak memperoleh respons bagus dari para operator. Maklum, kala itu masih banyak operator yang beranggapan bahwa dengan semakin banyak menara yang bisa mereka bangun akan semakin luas jangkauan (coverage) mereka, sehingga bisa makin unggul dalam persaingan.

Walau begitu, kondisi bertepuk sebelah tangan itu tak membuat bapak tiga anak ini patah arang. Upaya pendekatan dan penjelasan ke operator terus dilakukan. Dalam presentasinya, Sakti selalu menekankan bahwa ke depan persaingan di bisnis operator telekomunikasi bukan terletak pada jangkauan, melainkan pada biaya murah dengan fasilitas konten yang komplet. “Di negara-negara maju, persaingan itu bukan soal coverage, karena coverage ini sudah diserahkan ke perusahaan yang menyewakan menara,” katanya. Oleh karena itu, ditekankan pula kepada para operator tentang manfaat dan keuntungan melalui cara menyewa menara. “Kami terus meyakinkan para operator bahwa melalui cara outsourcing menara, akan lebih menguntungkan mereka,” papar Sakti.

Begini ia menggambarkannya. Jika operator membangun menara sendiri, investasi yang mesti ditanamkan untuk satu lokasi BTS mencapai Rp 750 juta-1 miliar. Itu belum termasuk: biaya akuisisi tanah yang luasnya rata-rata 200 m2; perizinan; listrik; retribusi; dan sebagainya. Total biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 1,5 miliar. Sementara kalau menyewa, operator cukup membayar uang sewa Rp 15-20 juta per bulan, tergantung pada ketinggian menara yang disewa: 32 m, 52 m dan 72 m.

Nah, tarif sewa menara tersebut bersifat menyeluruh. Artinya, biaya tersebut tidak semata untuk penempatan BTS, melainkan sudah mencakup biaya pengeluaran lainnya, seperti: biaya listrik; retribusi kepada pemda setempat; back up diesel; dan biaya perawatan (maintenance). “Jadi, operator tinggal memanfaatkan menara ini untuk memasang receiver atau BTS-nya di ketinggian tertentu. Semuanya kami yang urus,” ujarnya bersemangat. Toh, SKP juga membolehkan sang klien hanya memakai jasa sewa menara–biaya lain (termasuk perawatan) ditanggung sendiri–dengan tarif sewa sekitar Rp 10 juta per bulan.

Membangun menara sendiri memang bukan pilihan menarik. Selain masalah akuisisi tanah, kesulitan lain yang sering muncul jika mengembangkan menara sendiri adalah pemeliharaannya, termasuk dari gangguan warga setempat. Karena itulah, Sakti sengaja merekrut karyawan dari daerah setempat. Mereka dididik selama dua bulan di Jakarta dan dikembalikan ke daerah asalnya untuk menjadi maintenance field officer, di mana setiap orang bertugas mengawasi 15 menara. Untuk mereka disediakan sepeda motor guna memudahkan pengontrolan menara. Lantas, untuk memudahkan pemeliharaan menara, SKP menginstal sistem aplikasi yang disebut Site Management Control. Aplikasi ini bisa diakses oleh handset para teknisi dan bisa langsung berkomunikasi ke kantor pusat. “Jika terjadi trouble di suatu titik, kami bisa langsung melacak dan menyelesaikannya secara cepat,” ujar Sakti.

Bukan itu saja. Untuk penduduk di sekitar menara–yang diukur dari radius menara bila dalam posisi ditidurkan–Sakti menyediakan asuransi (kerugian dan jiwa) bilamana terjadi musibah rubuhnya menara yang bersangkutan.

Sakti pun menawarkan beragam keuntungan bagi para operator penyewa. Dalam sistem sewa yang dibuatnya, penyewa pertama akan memperoleh pengurangan biaya sewa jika ada penyewa berikutnya yang masuk. Perlu diketahui, model penyewaan seperti ini belum tentu berlaku juga di provider menara lainnya. Selain itu, beban biaya penyewa awal juga akan terus berkurang jika semakin banyak operator yang turut menempatkan BTS-nya di menara yang bersangkutan.

Gambarannya begini. Katakanlah Telkomsel ingin memperluas jangkauannya di suatu daerah. Lalu, ia memakai menara milik Indonesian Tower–nama merek perusahaan penyewaan menara ini–untuk menempatkan BTS-nya. Nah, kepada Telkomsel akan dipungut tarif sewa Rp 15-20 juta per bulan. Jika kemudian masuk operator lain–misalnya Indosat–yang ingin menempatkan BTS-nya di menara yang sama, maka biaya sewa untuk Telkomsel dikurangi 15%. Katakanlah, selanjutnya Excelcomindo Pratama (XL) ikut memakai menara yang sama, maka Telkomsel cukup membayar sewa 65%-70%, sedangkan Indosat 85%. “Bagi operator yang menyewa tentunya sangat menguntungkan, karena kami terus memberikan diskon,” Sakti menegaskan. Secara keseluruhan, ia memperhitungkan dengan pola sewa seperti ini, operator bisa menekan efisiensi hingga 30%.

Dengan memaparkan model penyewaan menara yang menarik tersebut, disertai kegigihan, Sakti akhirnya berhasil menggaet pelanggan. Pada 2002, permintaan pertama pun datang dari Telkom (Flexi) yang membutuhkan sejumlah menara. Namun, ada masalah yang masih mengganjal, yakni Sakti kesulitan mendapatkan pinjaman dana untuk membiayai pembangunan menara–yang pembuatannya sebenarnya dialihdayakan SKP kepada PT Krakatau Steel. “Saat akan mendirikan menara banyak bank yang kami ajukan proposal, tapi tidak ada yang mau,” katanya mengenang.

Tak mau kehilangan peluang yang ada di depan mata, Sakti bertekad agar proyek pertamanya tersebut bisa kelar. Bermodal dana dari kocek sendiri ditambah pinjaman dari sejumlah relasi, Sakti pun menemui pihak pembangun menara (Krakatau Steel) untuk memperoleh keringanan pembayaran. Rupanya, keseriusan Sakti meyakinkan pihak pembuat menara ditanggapi positif. Alhasil, beberapa menara pesanan Telkom mampu dibangun. “Ketika memulai bisnis baru segala sesuatunya tidak mudah, selalu saja ada hambatannya. Kami mesti sabar dan ulet menghadapinya,” ucap pria berkulit legam ini memaparkan hikmah dari kesulitan yang dia hadapi.

Setelah tanpa kenal bosan meyakinkan kalangan bank untuk bisa memberi pinjaman, akhirnya tawaran pinjaman dana pun datang dari salah satu bank lokal. Kendati begitu, pinjaman yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Pasalnya, pihak bank hanya bersedia membiayai 45% dari total pinjaman yang diajukan. Toh, Sakti menganggapnya sebagai sebuah kemajuan. “Wah, dulu sulitnya minta ampun untuk mendapat pinjaman dari bank,” katanya mengenang. Bagaimana sekarang? “Sekarang sih mereka yang ngantre datang ke kami nawarin pinjaman,” ujarnya sambil tertawa.

Menurut Sakti, selain mesti sabar dan ulet, ada sejumlah syarat agar seseorang bisa survive dan memenangi persaingan bisnis. Antara lain: harus kreatif, mau bekerja keras, menguasai banyak informasi, dan fokus pada bisnis yang digeluti. “Memang klise, tapi itulah modal yang mesti dimiliki dalam menekuni suatu usaha sehingga bisa survive dan maju,” kata Sakti menyimpulkan.

Sekarang, pehobi main golf dan catur ini tampaknya sudah bisa menarik napas lega melihat hasil jerih payahnya selama ini. Usaha yang dirintisnya telah menunjukkan hasil positif. Indonesian Tower kini diklaimnya sebagai pemimpin pasar di antara perusahaan penyewaan menara. Dari sekitar 2 ribu menara terpasang milik kalangan perusahaan penyedia jasa sewa menara, sebanyak 700 menara yang tersebar di 21 provinsi, diklaim Sakti, merupakan milik perusahaannya. Adapun kalangan operator yang telah menjadi kliennya adalah Telkom Flexi, Telkomsel, XL, Natrindo TS, Bakrie Telecom, Mobile 8 dan Prima Cell (Win). Rencananya, dalam waktu dekat bakal menyusul Indosat dan LippoTelecom.

Belakangan, selain penyewaan menara, Sakti juga mulai merambah ke bisnis turunan pendukung telekomunikasi ini, yakni dengan menawarkan jasa penyediaan repeater sebagai indoor building station. Repeater, dijelaskan Sakti, merupakan suatu perangkat elektronik yang berfungsi untuk menguatkan dan mengirimkan kembali sinyal yang lemah, sehingga sinyal itu dapat menjangkau jarak yang lebih jauh tanpa penurunan kualitas dan menghilangkan blank spot. Repeater umumnya digunakan untuk layanan komunikasi radio. Biayanya dihitung per instalasi. Misalnya, sebuah gedung memiliki 10 tingkat, maka di situ ada 10 titik repeater. Setiap lantai bisa lebih dari satu titik, atau bisa pula satu titik untuk dua lantai. “Untuk satu titik harganya Rp 10 juta,” kata Sakti seraya mengklaim, beberapa gedung perkantoran dan mal sudah menggunakan jasa terbarunya ini, termasuk Grand Indonesia.

Sakti lewat Indonesian Tower memang tergolong perintis di bisnis penyewaan menara BTS. Namun, berikutnya makin banyak perusahaan yang terjun ingin mencicipi kelezatan bisnis ini. Kini ada sekitar 30 perusahaan yang berkiprah di bidang ini. Bahkan, pada awal April 2005, terdapat 8 perusahaan menggagas berdirinya Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi (Aspimtel). Selain Indonesian Tower, perusahaan penggagas Aspimtel lainnya adalah Bali Telecom, Protelindo, Pandu Sarana Global, Wahana Lintassentral Telekomunikasi, Komet Consortium, Telcentec Indonesia dan Deltacomsel Indonesia. Sebagai tokoh perintis bisnis ini, tak aneh Sakti didaulat sebagai ketuanya.

Semakin banyaknya para penyedia jasa penyewaan menara BTS, menurut Sakti, menunjukkan potensi pasar yang menarik di industri ini. “Tentunya ada kepuasan tersendiri melihat apa yang kami rintis bisa berkembang. Bahkan, menjadi industri baru yang menciptakan banyak peluang menjanjikan,” ucap Sakti dengan sumringah. Memang, diperkirakan sampai 2007, kebutuhan coverage (menara) dari perusahaan operator mencapai 43 ribu titik di seluruh Indonesia. Saat ini, jumlah menara terpasang yang dimiliki seluruh operator sekitar 20 ribu menara yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada kemungkinan menara terpasang ini akan dilego oleh para operator pemiliknya, misalnya dengan alasan ingin fokus. Sakti beranggapan, perkembangan seperti ini juga merupakan peluang bisnis, karena mereka tentu akan menyewa balik.

Soal makin ketatnya persaingan, Sakti mengaku tak mengkhawatirkannya. Yang dicemaskannya adalah kemungkinan kehadiran pemain global seperti American Tower dan Vision Tower, yang keduanya belakangan sudah masuk ke India. Mengenai kompetisi dengan pemain lokal lainnya, ia mengaku tak masalah, karena optimistis bisa memberikan pelayanan terbaik.

Klaim Sakti setidaknya diiyakan Dian Rachmawan, Kepala Divisi Telkom Flexi. Menurut Dian, sejak awal hingga sekarang pihaknya menyewa menara dari Indonesian Tower karena layanannya dinilai bagus. “Kami outsource ke Indonesian Tower karena performanya bagus. Pak Sakti memiliki tim yang cekatan dan tanggap menangani masalah. Tak salah ia memakai brand ‘Indonesian’, mengingat pelayanan dan kredibilitasnya yang tinggi, cukup mewakili dan sesuai,” ujar Dian memuji.

Dian menjelaskan, saat ini Telkom Flexi memiliki sekitar 1.500 menara BTS. Dari jumlah itu, sebanyak 1.000 BTS menyewa, di mana 300 di antaranya dari Indonesian Tower. “Sejauh ini, kerja sama dengan Pak Sakti terbina sangat bagus, sehingga kami akan tetap berupaya untuk meneruskannya ke depan. Kami sudah mempunyai kontrak jangka panjang,” tambahnya.

Selain dengan Telkom, Sakti menyebutkan, Indonesian Tower juga sudah memiliki kontrak sewa jangka panjang (10 tahun ke depan) dengan PT Excelcomindo Pratama, Bakrie Telecom, Mobile 8, dan Prima Cell.

Ke depan, selain memiliki visi menjadikan perusahaannya sebagai mitra strategis terbaik dari para operator, Sakti bertekad pula membawa SKP ke lantai bursa. “Kami memiliki target jangka panjang, yaitu omset bisa mencapai Rp 1 triliun atau paling sedikit Rp 500 miliar. Tujuannya supaya bisa go public. Kami berharap paling telat akhir tahun 2009 sudah listed di BEJ. Bahkan, kalau bisa dua tahun lagi,” ungkap Sakti berharap. Pada 2005, disebutkan Sakti, perusahaannya sudah mampu membukukan omset Rp 145 miliar. Diharapkan, tahun ini omsetnya bisa di atas Rp 150 miliar. “Kami punya keyakinan bahwa dengan adanya jasa ini bisa menjadi mitra strategis, baik bagi operator, pemda maupun pemerintah pusat selaku regulator,” ujarnya. Harapan lainnya? “Pemerintah bisa secepatnya mengeluarkan regulasi untuk mencegah timbulnya hutan menara,” Sakti menandaskan.

147 responses to “Sakti Wahyu Trenggono: Dari Agen Perangkat Telekomunikasi Menjadi Raja Menara BTS

  1. Dengan Hormat,
    Boss, cara mendapatkan titik yang akan di bangun BTS nya gimana?..

    Toto

  2. Dengan Hormat,
    Boss, cara medapatkan titik yang akan di bangun BTS nya gimana?..kami juga siap untuk membantu pekerjaannya.

    Tks,
    Andre
    022-2007435
    andreptn@powertechnusantara.com

  3. Kepada pimpinan perusahaan agen pereangkat telekomunikasi (BTS), saya berharap Bapak bersedia kerjasama dengan saya dalam penyediaan tempat untuk mendirikan BTS, untuk itu saya menunggu respon baik dari Bapak pimpinan di alamat e-mail saya.

  4. Kepada pimpinan perusahaan agen perangkat telekomunikasi (BTS), saya berharap Bapak bersedia kerjasama dengan saya dalam penyediaan tempat untuk mendirikan BTS, untuk itu saya menunggu respon baik dari Bapak pimpinan di alamat e-mail saya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya haturkan terima kasih.

  5. perusahaan kami ingin bekerjasama dengan perusahaan anda .bidang kami outsourcing bidang total flooding fire extiungusher hartindo kevetulan system kami juga di rental anda dapat hub saya 0811345075

  6. Saudara Sakti saya ada tanah di Tanjung Pinang batu 9 tepatnya di atas Komplex Polisi Perumahan dekat kolam renang Hana Ria, jika Anda berkeinginan untuk menyewa silahkan karena tanah saya sudah ada Sertifikat dan juga paling teratas dalam posisi di Tanjung Pinang jika Anda ingin hubungi saya Nike HP atau sms karena terkadang saya berada di luar negri:

    085272453200

  7. Dan saya juga ada rumah dan tanah Posisi di tepi jalan tepatnya di Daerah Magelang*paling aman di Indonesia* akan saya jual jika Anda berkeinginan untuk Bisnis di situ pasti banyak kemungkinan karena tempat tersebut masih belum banyak saingan mengenai Telkom *masih belum banyak yang menjual*di daerah itu depan juga ada Pom Bensin yang sudah rame dan juga akan di bangun Mini Market di depan rumah saya itu .. saya harap berhubungan langsung jangan melalui calo.

  8. Dear,

    Saya Anwar, saat ini bekerja sebagai tehnisi perusahaan di jakarta untuk jasa instalasi Bts semua operator, dan saya familiar dengan perangkat vendor siemens.ZTE, maupun Huawei
    saya mohon info perusahaan sejenis di surabaya..
    yang masih menerima atau sedang membuka lowongan kerja.

    Terimakaih untuk infonya

  9. Dengan hormat,
    Kepada pemilik tower atau penyewa tower, ISP rtrwnet dengan ini diberitahukan bahwa lintasarta membuka peluang kerjasama profit sharing (bisa dijual lagi ke end user seperti warnet, Ruko, perumahan rtrwnet,dll)akses internet 3G++ via WIFI sehingga pelanggan internet dapat mengakses internet via Handphone, PDA, Laptop, CPU yang mendukung WIFI secara wireless selama berada dalam jaringan WIFI lintasarta dengan harga sangat bersaing mulai 300Rb/bln dengan kecepatan 512kbps, kesempatan ini sangat terbatas dan berlaku sistem first flag untuk masing2 wilayah coverage, BEP pesimistic 8 bulan.Untuk info lebih lanjut hub. fitra business manager lintasarta 081311000092 atau 021 68611406.terima kasih.besar harapan kami untuk dapat menjadi mitra yang saling menguntung dalam new main stream revenue of ICT. Best Regards Fitra.

  10. Halo Pak… Semoga Sukses. tetep Optimis.. yaaaa mudah2an tuh peraturan pemerintah bakalan ada dan ketat. ati2 ama americanTower, punya dana tuh buat bikin 8560 Tower… maklum bule’ punya.. semangat mau bikin kontrakan buat BTS di Indonesia.

    Gimana Kalo Ind Tower pinjem dananya ama Keluarga C**D**A

    Asseeekkk Khan..

  11. Pak Hati2 ama FBR
    Forum Bajingan Resek

    Preman Recehan, terutama Bekasi area…

    Maklum Betawi Kismin, kena gusur mulu’ jadinya minggir dah ampe ke Cakung, tambun, bekasi depok

  12. Bos saya punya sebidang tanah yang akansaya sewakan untuk didirikan menara / tower HP gimana caranya?

  13. Indonesia kaya buuaa….aanget n pinter2 pak, mending american tower (protelindo) bapak beli aza dech…… aku denger mereka juga ga bawa uang dari sono kock, malah pinjem di Indonesia

  14. YTH, Sakti Wahyu Trenggono
    Boss, saya punya produk untuk masuki ke spek BTS
    produknya adalah exothermik welding (penyambungan grounding) & Arrester merk Phoenik Contact.
    Bisa gak saya masukin ke kontraktor Sakti Wahyu Trenggono,saya berharap kita saling kerjasama untuk saya menyupllaykan,terima kasih.

  15. Salam sukses untuk Pak Sakti, saya mo ikutan support untuk bisnis anda yg semakin berkembang. Sedikit info saya punya beberapa bidang tanah pribadi di daerah Klaten Kota yg saya ingin sewakan untuk pendirian tower. Kalo perusahaan anda berminat aja silahkan kontak by email first.
    Makasih.

  16. Hendra Gunawan

    Yth. Bp Sakti

    Dengan ini saya ingin menjalin kerjasama dengan bapak , bahwa saya saat ini mempunyai hubungan baik dengan beberapa pemerintah daerah tingkat I dan tingkat II di Sumatra pada umumnya.khususnya
    Sumatra Barat dan Riau, maka dengan ini saya bermaksud menawarkan diri untuk menjadi Arranger kepada pihak Pemda untuk Pembangunan Tower Bersama di daerah tersebut.
    Saya berharap dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan yang bapak pimpin.

    contact : 021-92976293

  17. Aan Abdullah Burhani

    Dengan hormat,

    Sebelumnya saya ingin memperkenalkan nama saya Aan Abdullah Burhani. Saya mempunyai sebidang tanah di daerah Kec.Ciawigebang Kab.Kuningan Jawa Barat. Saya ingin mempertanyakan tentang kerjasama yang dilakukan antara pemilik tanah dengan si pendiri Tower tersebut. Apakah dalam pembuatan tower BTS tersebut menyewa tanah pada masyarakat sekitar?Mengenai pembebasan tanah untuk pembangunan tower BTS, apakah tanah tersebut dikontrak atau dibeli? Bagaimana supaya bisa bekerjasama dalam pembuatan tower BTS disuatu daerah tersebut? Dan bagaimana caranya kalau saya ingin bekerjasama dalam pendirian suatu Tower dimana saya sebagai pemilik tanah/lokasi? Mohon penjelasannya.

    Terima kasih.

    Aan Abdullah Burhani

  18. Aan Abdullah Burhani

    Dengan hormat,

    Sebelumnya saya ingin memperkenalkan nama saya Aan Abdullah Burhani. Saya mempunyai sebidang tanah di daerah Kec.Ciawigebang Kab.Kuningan Jawa Barat. Saya ingin mempertanyakan tentang kerjasama yang dilakukan antara pemilik tanah dengan si pendiri Tower tersebut. Apakah dalam pembuatan tower BTS tersebut menyewa tanah pada masyarakat sekitar?Mengenai pembebasan tanah untuk pembangunan tower BTS, apakah tanah tersebut dikontrak atau dibeli? Bagaimana supaya bisa bekerjasama dalam pembuatan tower BTS disuatu daerah tersebut? Dan bagaimana caranya kalau saya ingin bekerjasama dalam pendirian suatu Tower dimana saya sebagai pemilik tanah/lokasi? Mohon penjelasannya.

    contact: 081324474145

    Terima kasih.

    Aan Abdullah Burhani

  19. Dear Mr Sakti,

    I would like to offers you some products which is has abbility to make your telecommunication equipment more powerfull with extended modem, converter, optimux, great STM, etc from RAD and ECI brand.

    To establish the regulation about “TOWER BERSAMA” in each province(just we said), there are to many complex government instantions who just want the “TIPS” from us(I was a SITAC Coordinator and also PM), just adviced…… please you make a directly face 2 face with the Ministry Of Telecommunication and Divition Telecommunication in each Province and push them to immediatly assign “TOWER BERSAMA” with your own language, I’m sure not any longer they will assigned.

    And for all, please send me email or contact me if there are any oportunities that we shall share for the same aim exactly, “BENEFITS”.

    Thanks,
    Best Regards,
    DK (08889700479 / 085219048297)
    donik_ptcsp@yahoo.co.id

  20. Dear P’ Sakti
    kami sebagai kontraktor dalam pembangunan bts merasa sangat terbantu atas info2 mengenai sharing sites sesuai arahan menkominfo,untuk lebih detil atas implementasi tower bersama saya berharap untuk mendapatkan kejelasan lagi melalui alamat website ASPIMTEL atau dari anggota2nya yang kami belum mengetahui satu persatu.info bapak saya tunggu di emai saya.terimakasih.
    Best Regards,
    Gigih

  21. hallo pa Sakti,

    apakah bapak juga sudah mencoba untuk mengambil site maintenacenya dilokasi-lokasi tower bapak…..jika belum mungkin kami bisa menawarkan sebagai sub bapak untuk menghandle site maintenacenya…..terima kasih pa

    GBU

  22. hallo pa Sakti,

    maaf agak sedikit menyimpang dari towernya, mengingat konsep tower shering yang ada dibisnis bapak, apakah juga bapak menghandle untuk site maintenancenya masing-masing operator dilokasi tower yang bapak sewakan……jika mungkin kami berminat untuk ikut mensupport tim bapak, terima kasih atas waktu bapak.

    GBU

  23. puji santoso sh mkn

    boleh dong pake jasa saya, krn saya sudah berpengalaman untuk eksekusi tanah baik sewa maupun beli, saya juga punya team sitac bos……thanks

  24. puji santoso sh mkn

    kebetulan nich kita sama-sama dari semarang

  25. bpk. sakti.
    saya dari unmuh malang,mau mengadakan penelitian tentang efisiensi tower.
    bolehkah saya meminta data-data biaya yang melekat pada 1 tower.trus kalau misalnya 1 tower bisa ditempati oleh beberapa operator tidak menghambat sinyal yang dikeluarkan.
    biar singkat..lewat Q. ya pak
    1. berapa biaya yang dikeluarkan oleh pihak kartu seluler untuk 1 towernya kalau membangun
    2. berapa penghematan yang dilakukan kalau menyewa tower dari perusahaan bapak.
    bapak, kalau berkenan, terima kasih banyak pak
    jawabanya dikirim ke email saya aja ya pak

  26. Harmon Pandiangan

    Bpk Sakti Yang Terhormat,

    Saya Harmon Pandiangan tinggal di Kota Medan Sumatera Utara, Jika Bapak punya proyek tower untuk daerah Sumatera khususnya Sumbagut boleh hubungi saya Pak karna saya juga di bidang CME, mengenai selery tergantung hasil kerja saya dan medan wilayah sumbagut sudah saya kuasai Pak.trim’s

    contac. 081376999779
    061-77088660

  27. Robby Rustambing

    Dengan hormat,
    Pak Sakti Wahyu Trenggono selaku pimpinan indonesian tower.
    saya adalah segelintir orang yang kena tipu atas aksi percaloan proyek tower yang diwakili dari orang yang mengatas namakan indonesian tower, sudah sekitar 5 bulan saya dijanjikan proyek pembangunan tower untuk perusahaan indonesian tower oleh oknum yang bernama Rudy Jaru, dan dana “bujukan” atau “operasional” sudah saya kucurkan untuk memuluskan proyek tersebut disulteng, tetapi sampai detik ini realisasi untuk diberikan pekerjaan ini ternyata tidak terwujud, malah dari rudy jaru sendiri tidak menunjukan itikad baik untuk mengembalikan uang “operasional” tersebut kepada kami. untuk itu kami sudah melakukan tindakan hukum dengan melaporkan oknum yang bersangkutan ke Polda Sulteng. yang saya sesalkan oknum yang bernama rudy jaru ini mengaku adalah perwakilan resmi dari indonesian tower khusus sulteng, saya percaya kredibilitas nama perusahaan yang diwakilkan tetapi dengan perbuatan yang diduga telah merugikan banyak pihak sudah mencemarkan nama perusahaan bapak, oleh karena itu saya memohon respon positif bapak untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi pada oknum yang mengatas namakan indoesian tower khususnya yang bernama rudy jaru ini. saya menunggu konfirmasi balik dari bapak di email saya robbi70@telkom.
    atas perhatian bapak kami merasa berterimakasih sebelumnya.

  28. Yth Pak Sakti,
    Salut atas ‘perjuangan’ bapak dalam memulai bisnis tower sejak awal. Sangat mengagumkan karena bapak memulai dengan kondisi bukan ikut2an dan murni inovasi. Hari ini saya baca koran lokal Gorontalo dan menemukan bahwa Indonesian Tower baru saja MOU dengan bupatinya Bpk David, setelah itu saya coba browsing soal Indonesian Tower. Sekali lagi, Salut.
    Selangkah lagi bapak merangkul dan membina usaha kecil atau individu lokal sehingga dapat memberdayakan banyak orang, maka Pak Sakti sudah memenuhi syarat sebagai “The Man of The Year” untuk Indonesia !!!
    Good Luck.
    Rinaldi Gorontalo.

  29. Dengan Hormat

    saya ingin kerjasama dalam Pemerataan sinyal seluler di daerah saya, maka dari itu saya mohon bantuan agar di daerah saya segera di bangunkan BTS. dan prosedur apa saja yang harus saya lakukan .
    Bisa Hub saya di : 08176014498
    terima kasih

  30. bagaimana caranya menentukan titik BTS. saya bekerja di seluler bagian bawan tapi susah untuk menjalankan project. moho bantuan ordernya

  31. Carolus Satrio

    Dengan hormat,

    Saya sudah familiar dengan menara/tower,karena saya punya pengalaman kerja di salah satu perusahaan tower. Saya ingin mengajukan kerjasama (sebagai subkon) kepada Bpk. Sakti mulai dari Sitac-LOSS-CME-Instalasi Radio-NMS-Maintenance…

    Dalam hal ini, Bapak dapat menghubungi saya di e-mail carl_houten@yahoo.com atau HP 08175115980/08123584346

    Mohon bantuan dan tanggapan yang positif dari bapak

    Terima kasih

  32. abdul rohman

    sy abdul rohman pekerjaan sitac, smart, NTS, Flexi boleh pak saya bergabung ?
    0815 887 6357

  33. Dengan hormat,

    Salam kenal Bpk. Sakti.
    Saya saat ini bekerja di lembaga pengawasan persaingan usaha di Indonesia.
    Terkait regulasi pemerintah tentang menara bersama, apakah pelaku usaha selama ini merasakan adanya penghalangan usaha atau adanya kebijakan pemerintah ataupun pemda yang justru menghalangi pelaku usaha tower telekomunikasi?
    khususnya di wilayah timur indonesia

    bila ada informasi, silahkan hubungi saya di 0411-310733 atau email saya di oka@kppu.go.id
    /rohaniiblis@yahoo.com

    terima kasih

  34. Selamat siang pak,

    Saya mempunyai lahan yang sangat strategis untuk dibangun BTS. Lahan tersebut terletak dipinggir jalan. Dan ada lahan diatas rumah yang sudah didak, mungkin bapak berminat menyewa lahan tersebut untuk dibangun BTS baru.perlu bapak ketahui lahan tersebut sudah milik sendiri dan bersertifikat. lokasi desa Tarub, kabupaten Tegal Jawa Tengah. Bila berminat bisa contact no telp saya 02168932363 dan melalui email. Terimakasih

  35. Fredy haryadi (24Th)

    Yth.Bp.W.S.Trenggono

    Dengan hormat

    Sebelumnya saya sangat salut & mengajungkan 2 jempol untuk Bpk,atas Bisnis Rental Tower yg Bpk lakukan.usaha yg bapak lakukan benar2 mulai dari nol,dan memerlukan perjuangan yg hebat.Dan perlu dicontoh kalangan anak2 muda jaman sekarang.saya melihat anak2 muda seusia saya sekarang ini sudah terjerumus ke suatu bentuk gerakan2 politis,dan tidak pernah terpikirkan oleh mereka upaya2 untuk maju dengan menjadi pebisnis seperti bpk.Saya sebagai bagian dr anak muda juga punya pandangan seperti bpk.saya sangat berterimakasih pada Bpk sakti,atas pengalamanya dari awal bisnis mulai dr nol.dan saya juga sudah mencontoh apa yg pernah bpk lakukan sewaktu muda.Semenjak Tamat dr pendidikan Th 2004,Saya yg jg asli semarang (sama dg asal kelahiran bpk) mulai Bisnis Dibidang kontraktor civil&electrical.Dan pada akirnya dengan banyak berkembangnya Pembangunan2 Tower,maka saya mulai tertarik kerja di bidang Tower juga(Sitac-CME),Dimulai dengan mendirikan Suatu Perusahaan dengan badan usaha CV,saya mulai masuk sebagai kontraktor pembangun Tower.tetapi amat jauh berbeda dengan apa yg bpk sakti lakukan pada awal mulai bisnis sebagai vendor Rental Tower,krna saya cuma sebagai subcon kecil.Tapi saya jg punya semangat seperti bpk.sakti,bahwa kelak saya jg akan bisa maju kayak Bpk.Dengan ini juga saya berharap Bpk.Sakti &Indonesian Towernya sekiranya mau mencoba mengajak kerjasama dengan menjadikan saya subcon Sitac-CME. Saya berharap Bpk.Sakti kiranya mau memberikan kesempatan kepada kami anak2 muda.Kami akan sangat berterima kasih dan jg akan penuh tanggung jawab seandainya diberi kesempatan.Tnks. Semoga sukses slalu pak W.S.Trenggono & Indonesian tower.

  36. mau mencoba mengajak kerjasama dengan menjadYth.Bp.W.S.Trenggono

    Dengan hormat

    Sebelumnya saya sangat salut & mengajungkan 2 jempol untuk Bpk,atas Bisnis Rental Tower yg Bpk lakukan.usaha yg bapak lakukan benar2 mulai dari nol,dan memerlukan perjuangan yg hebat.Dan perlu dicontoh kalangan anak2 muda jaman sekarang.saya melihat anak2 muda seusia saya sekarang ini sudah terjerumus ke suatu bentuk gerakan2 politis,dan tidak pernah terpikirkan oleh mereka upaya2 untuk maju dengan menjadi pebisnis seperti bpk.Saya sebagai bagian dr anak muda juga punya pandangan seperti bpk.saya sangat berterimakasih pada Bpk sakti,atas pengalamanya dari awal bisnis mulai dr nol.dan saya juga sudah mencontoh apa yg pernah bpk lakukan sewaktu muda.Semenjak Tamat dr pendidikan Th 2004,Saya yg jg asli semarang (sama dg asal kelahiran bpk) mulai Bisnis Dibidang kontraktor civil&electrical.Dan pada akirnya dengan banyak berkembangnya Pembangunan2 Tower,maka saya mulai tertarik kerja di bidang Tower juga(Sitac-CME),Dimulai dengan mendirikan Suatu Perusahaan dengan badan usaha CV,saya mulai masuk sebagai kontraktor pembangun Tower.tetapi amat jauh berbeda dengan apa yg bpk sakti lakukan pada awal mulai bisnis sebagai vendor Rental Tower,krna saya cuma sebagai subcon kecil.Tapi saya jg punya semangat seperti bpk.sakti,bahwa kelak saya jg akan bisa maju kayak Bpk.Dengan ini juga saya berharap Bpk.Sakti &Indonesian Towernya sekiranya mau menjadikan saya subcon Sitac-CME. Saya berharap Bpk.Sakti kiranya mau memberikan kesempatan kepada kami anak2 muda.Kami akan sangat berterima kasih dan jg akan penuh tanggung jawab seandainya diberi kesempatan.Tnks. Semoga sukses slalu pak W.S.Trenggono & Indonesian tower.

  37. maju terus pak S.W.TRENGGONO

  38. Yth, Mas Trenggono

    Maju terus ……..semangatmu…….
    Semoga keberkahan, kemudahan, keselamatan serta kesehatan selalu menyertahimu ….

  39. Selamat Sore pak,

    Mohon informasinya untuk persyaratan izin pembangunan BTS dan izin ketinggian BTS untuk pemasangan di wilayah sumatera utara. Dan berapa biaya untuk kepengurusannya, terima kasih.

  40. Saya selaku Marketing dari perusahaan General Contractor CV. FIECO ingin menawarkan jasa kami untuk membantu kelancaran pembangunan tower Anda. Sebagian rekan-rekan saya juga telah mengajukan penawaran untuk proyek yang serupa, yaitu pembangunan tower di daerah Jawa dan sekitarnya. Yang saya dengar, owner dari proyek Anda membutuhkan perusahaan yang punya modal kurang lebih Rp. 50 Milyar untuk pembangunan 50 tower di pulau Jawa dan sekitarnya. Kami punya modal tersebut, kami juga punya nama perusahaan lainnya sebagai alternatif apabila Company Profile “CV” tidak bisa dipakai, yaitu PT. SARANA MULTIGUNA MANDIRI. Apakah kami bisa maju untuk proyek tersebut? Apalagi persyaratan yang belum kami ketahui? THX (IKO: 0818968533)

  41. leon ade winggunan

    kepada Yth. Sakti W. Trenggono.
    Dengan hormat,
    saya mohon informasi dimana alamat perusahaan bapak, dan website nya.

    terima kasih, atas perhatiannya.

    wassalam, hormat saya

    Leon Ade Winggunan

  42. melihat perjuangan pak sakti merintis usahanya sampai kini berkembang besar, saya sangat salut!
    bagaimana ia memerlukan modal 250 juta saja harus mengajukan kredit ke bank2, ditolak pula.
    sekarang, bank2 tersebut yg gantian mendatangi pak sakti menawarkan kredit.
    haha, sangat lucu membayangkannya..

  43. steven mokodaser

    Kepada YTh. Bpk. Sakti W.Trenggono
    Dengan hormat,
    Saya ingin mengajukan kerjasama sebagai subkon untuk pengerjaan BTS baik sipil dan ererction tower untuk wilayah jawa timur dan sekitarnya. Kami siap ditempatkan di seluruh wilayah jawa timur.
    Terima kasih, atas perhatiannya

    dengan hormat,
    Steven M

  44. saya mempunyai lahan kosong yang strategis di daerah tulungagung jawa timur. jika anda berminat untuk mendirikan BTS disana, saya bersedia untuk menyewakan lahan saya untuk pendirian BTS tersebut

  45. Akhmad Muttaqin

    Bapak sakti, saya ada tanah di Srengseng jakarta barat, jika bapak berminat untuk menyewa dapat menghubungi saya di nomer 0818690909. terima kasih sebelumnya

  46. Kepada Yth: Bpk. Sakti W. Trenggono
    Dengan hormat
    Saya mempunyai lahan kosong didaerah tulungagung, jawa timur, tepatnya lebih kurang 2,5 km dari alun-alun kota. Tempatnya sangat strategis menurut kami karena di daerah ini perkembangan pengguna alat komunikasi seluler sangat pesat.
    Terima kasih atas perhatiannya

  47. Assalamualaikum wr.wb…….

    langsung aja pada permasalahannya, saya mempunyai tanah didaerah sambungrejo-sukodon0-sidoarjo, dan saya berkeinginan menyewakan tanah tersebut untuk pembangunan tower ,pertanyaannya: bagaimana caranya?

    terimah kasih atas perhatiannya.
    wasslam…..wr.wb…….

  48. langsung aja pada permasalahannya, seperti bp. dedy, saya mempunyai tanah didaerah gumenter kutowinagun kebumen jawa tengah, dan saya berkeinginan menyewakan tanah tersebut untuk pembangunan tower ,pertanyaannya: bagaimana caranya?

    terimah kasih atas perhatiannya.
    wasslam…..wr.wb…….

  49. Sebelumnya saya ucapkan salut atas keberhasilan bapak.Kalau ada proyek pembangunan BTS di Kabupaten Purbalingga dan Banyumas saya minta tolong untuk dilibatkan dalam hal pengurusan kWh meter PLN.hubungi saya di 08563598751

  50. Ysh. Bapak2 sekalian , saya ingin menjual sebidang tanah saya yang saat ini disewa oleh salah satu provider telekomunikasi untuk menara BTS , luas tanah 1000m2 di jual dengan harga murah 15jt/m2 masih dalam masa kontrak , jika serius hub via email trisno70@plasa.com

  51. kepada yth. bapak si raja tower

    sebuah prestasi patut di contoh dr bpk si raja tower, kerja keras, keuletan,ketangguhan dan semangat untuk maju hingga menbuahkan kesuksesan sepaerti skrg menjadi raja tower. sebuah bisnis yang banyak menawarkan peluang bisnis kepada yang lain. selamat dan sukse selalu buat bapak……………………………..

  52. Selamat siang , pak Sakti
    Bisakah saya minta bantuan untuk memberikan informasi teknis tentang menara, meliputi :
    1. radius aman menara bersama pada daerah pemukiman
    2. ketinggian lokasi minimum dari permukaan air laut
    3. ketinggian menara dengan hubungannya terhadap radius jangkauan
    4. seberapa besar efisiensi penggunaan menara bersama dan seberapa besar kemungkinan kerjasama antar kompetitor penyelenggara layanan (dalam hal ini maukah pihak XL , Telkomsel atau Bakri misalnya, memakai menara bersama?)

    bila mungkin ada data teknis atau persayaratan teknis penunjang .
    Saya sangat memerlukan data tersebut, untuk studi

    Terima kasih pak

    • Dear bapak Sakti,

      Sebelumnya saya ucapkan selamat atas apa yg sudah anda capai, kalau misalnya berkenan, ijinkan saya mohon petunjuk mengenai pertanyaan yg saya ajukan, adapun pertanyaannya:

      1. Apakah sosialisasi dan musyawarah dg warga yg terkena radius tower merupakan prosedur yg wajib dilaksanakan sebelum tower dibangun?
      2. Apakah masyarakat yg terkena radius berhak meminta biaya kompensasi diatas apa yg sudah dianggarkan dari perusahaan yg akan menyewa lahan?
      3. Apakah kalau perpanjangan masa kontrak perlu dilakukan musyawarah lagi dg masyarakat yg terkena radius?

      Demikian pertanyaan yg saya ajukan, saya mengharap petunjuk dari bapak, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

      Hormat saya,
      Andi

  53. pak sy pernah audit indonesian tower,
    smoga pimpinan&owner tahu krn byk bts/colo yg adm-nya tdk benar sehingga kl mau dijual BTSnya bisa up to date,
    sy tdk asal tulis tp bisa di-check ke:
    -Bpk.hendra
    -Bpk.rudi
    -sdr.Willhemus
    smoga bpk tambah sukses!!!!
    Amien

  54. Bapak Robbi yang terhormat,

    Saya Putri, perwakilan dari Indonesian Tower. Mohon dimaklumi bahwa kami tidak segera menindaklanjuti masalah Bapak karena media yang bapak pergunakan bukan merupakan saluran resmi komunikasi Indonesian Tower.

    Untuk menindaklanjuti keluhan yang sebelumnya telah Bapak sampaikan, sekiranya Bapak dapat melayangkan surat secara resmi mengenai komplain yang Bapak ajukan. Hendaknya, surat tersebut meliputi :

    · Data diri pribadi (lengkap)
    · Runtutan kejadian secara rinci, mulai waktu kejadian serta pelaku-pelaku yang terlibat
    · Bukti-bukti pendukung

    Surat resmi tersebut dapat bapak kirimkan ke :

    Divisi Corporate Communication
    PT. Solusindo Kreasi Pratama (Indonesian Tower)
    Wisma Kosgoro 16th Fl. Jl. MH. Thamrin 53, Jakarta, Indonesia

    Team Indonesian Tower baru akan melakukan penyelidikan dan tindak lanjut berdasarkan surat resmi tersebut.

    Bagi semua pihak lain, pertanyaan maupun masukan lebih lanjut dapat ditujukan ke contact@indonesiantower.com . Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards,

    Putri Respati
    Corporate Communication Officer

    PT. Solusindo Kreasi Pratama (Indonesian Tower)
    Wisma Kosgoro 16th Fl.
    Jl. MH. Thamrin 53, Jakarta, Indonesia
    p +62 21 314 0866
    f + 62 21 319 36348
    e putri.respati@indonesiantower.com

  55. Menarik sekali membaca tulisan mas Mohammad tentang perjalanan pak Sakti. Bahkan lebihmenarik lagi melihat respon banyak orang yang berusaha berbisnis dengan pak Sakti. Sampai saya jadi berpikir, apakah memang pak Sakti melihat semua komentar orang-orang ini? Hehehe…

    Terima kasih buat insipirasinya Pak Sakti. Thanks buat mas Mohammad yang udah menuliskannya dengan sangat mengalir. Sukses terus buat semuanya!

    cheers,
    yuan

  56. @Yuan, terima kasih atas komentarnya. Pak Treng (Pak Sakti Trenggono) juga pasti baca (memantau blog ini…he he he) dunk (termasuk Mba Putri, yang telah memberi tanggapan). Btw, beberapa hari lalu saya ditelpon Pak Treng. Beliau mengatakan sangat tersanjung atas komentar yang muncul dari para pembaca mengenai lika-liku bisnis beliau yang saya tulis. Beliau berharap kiprahnya tersebut bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

    Tak hanya itu. Beliau juga menanyakan kepada saya bagaimana mem-follow up komentar yang masuk, terutama yang ngajak kerjasama bisnis. Sehubungan dengan itu, bagi para pembaca yang mengomentari tulisan mengenai Pak Treng, terutama bagi yang mengajak kerjasama bisnis, diharapkan mencantumkan nomor telpon/HP yang bisa dihubungi. Sebab, sekiranya Pak Treng menilai tawaran itu dianggap menarik, maka staf beliau akan menghubunginya. Terima kasih.

  57. Bapak Ibu serta Bapak Mohammad selaku empunya blog,

    Seperti yang telah saya tulis di atas, bagi siapa saja yang hendak mengajukan kerja sama, dapat mengirimkan email ke contact@indonesiantower.com lengkap dengan kontak yang dapat dihubungi.

    Dengan senang hati team kami akan mem-follow up setiap tawaran kerja sama dan menyalurkannya kepada divisi yang tepat di Indonesian Tower. Jika dirasa tawaran yang diberikan menarik, tentu kami akan menindaklanjutinya. Terima kasih banyak.

    Best Regards,

    Putri Respati

  58. ketokmoto

    Selamat siang , pak Sakti
    Bisakah saya minta bantuan untuk memberikan informasi teknis tentang menara, meliputi :
    1. radius aman menara bersama pada daerah pemukiman
    2. ketinggian menara dengan hubungannya terhadap radius jangkauan
    4. seberapa besar efisiensi penggunaan menara bersama dan seberapa besar kemungkinan kerjasama antar kompetitor penyelenggara layanan (dalam hal ini maukah pihak XL , Telkomsel atau Bakri misalnya, memakai menara bersama?)

    bila mungkin ada data teknis atau persayaratan teknis penunjang .
    Saya sangat memerlukan data tersebut, untuk studi

    Terima kasih pak

  59. mochamad syafei

    Yth:Abdul Satar,

    Mohon dengan sangat,sewa lahan di site Tegal Kirana,kec:Kragilan,Serang-Banten,segera dilunasi.Sudah sebelas bulan proyek tsb berjalan dan sudah uji coba on air.Namun baru 20% pembayaran yang kami terima.sesuai perjanjian yang kami tandatangani,bahwa setelah on air akan segera dilunasi.
    Terimakasih atas perhatianya.

    Mochamad syafei

  60. Bos, kalo mengenai proyeknya bisa bos?
    Saya belum ada bendera tapi biasa ambil proyek dari subcon2 yg dah gede ato punya bendera.
    Kalo ada kenalan2 yg punya proyek boleh bos tanyain…..
    Thanks ya bos.
    Eh iya, tolong bos kalo ada kabari ke 085732856900 / 081231445662
    lewat email juga boleh…..

  61. Pak, tanah seperti apa yg cocok untuk tower BTS? saya punya tanah di Malang, daerah Tlogo Mas, luasnya sekitar 160 m2. Mau saya sewakan untuk BTS, berminat? Hubungi saya di hidupenuharti@yahoo.com

  62. mas, kalo mau tahu tentang tarif sewa BTS di Jakrta dimana yah?? mohon bantuan atau anda dapat mengirimkan email ke cscrane@ymail.com

  63. irvan b hadist h

    mohon maaf mau minta petunjuk untuk membuat proposal penawaran lokasi untuk tawer kepada perusahaan ?
    terima kasih sebelumnya.

  64. bos saya punya rumah dengan tanah cukup luas ….ga pernah ditungguin di daerah Banjar desa langensari…kayaknya cocok..untuk pembangunan tower BTS….kalo bos berminat bisa email/YM ke sutantoi@yahoo.com

  65. Dengan hormat,

    Bp, sakti saya Dendhy. Sekarang saya bekerja pada sebuah perusahaan kontraktor installasi dan pembutan mounting bracket untuk bakrie telecom (esia),
    selain itu perusahaan saya juga dapat mengerjakan pengadaan dan pemasangan untuk jenis pekerjaan collocation dan monopole esia. Oleh sebab itu saya mengajukan penawaran kerjasama pada Bp Sakti. Untuk tindak lanjutnya Bapak dapat menghubungi saya melalui e-mail terlebih dahulu. Atas perhatian Bapak saya ucapkan terimakasih.

    Hormat saya
    Dendhy

    Hormat saya

  66. pagi pak,
    saya mau tanya, kalo contoh kontrak kerja di lahan pribadi untuk pembuatan BTS ini ada ga y pak?
    trims..

  67. cv. sarana karya mandiri

    Karanganyar, 03042009.
    Kami mendapat penawaran bangun bts di jawa timur. tapi modal kami terbatas. apakah bapak bersedia membanyu kami. matur nuwun.

  68. MMO(indonesiantower)

    mohon maaf bos kami sekedar menginfokan saya perwakilan dari MMO ingin menyampaikan …..
    Tolong musnahkan orang-orang yang cari muka di perusahaan bapak,,,,dan kami informasikan juga tolong bos amati dan cermati keluarga bos yang menyeleweng,,,,,terutama dengan masalah keuangan,,,kalau bisa tolong bos bikin lembaga sperti KPK ,,,masalahnya banyak MMO yang bekerja 1-2 tahun udah bisa beli mobil 3 dilihat dari gajihnya itu ga mungkin,,,,,,,tolong berantas masalah ini terutama wilayah jawa ,,,,,bos

  69. imam barnawi

    Dengan hormat,

    Salut dengan proses, saya Imam mohon informasi syarat apa untuk bisa bergabung di Asosiasi ASPIMTEL dan alamat asosiasi tersebut.

    Atas kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.

  70. Saya mempunyai lahan kosong yang berdekatan dengan lokasi Pintu Tol Serang Timur, munkin sangat setrategis untuk di bangun BTS. pinggir jalan, jaringan listrik tersedia untuk itu saya bermaksud menyewakannya. bisa Hub. 083812329808

  71. Pak Sakti,
    Apak saya bisa minta contoh perhitungan biaya (rab) untuk tower BTS?
    Trims.

  72. Saya mempunyai Tanah Kosong yang setrategis untuk di Bangun BTS, saya berniat untuk Menyewakan Lahan Tersebut.
    Kriteria lahan tersebut adalah :
    -Lokasi Berdekatan dengan Pintu Tol Serang Timur, 300M dari Gudang Pupuk PUSRI ke arah Barat.
    -Lokasi belum Padat Perumahan
    -Lokasi bisa Masuk / dijangkau Kendaraan
    -Jaringan Listrik / tiang Listrik sudah ada di lokasi
    Hubungi SUDARAMA / HP.081314888869.

  73. P. Sakti yth,
    To the point saja pak, Telkomsel telah memanfaatkan salah satu menara milik perusahaan kami yang berlokasi di Bontang. Selama ini telkomsel hanya dibebani dengan pemakaian listrik saja. Kedepan kami akan memberlakukan tarif, untuk itu saya sedang mencari referensi tarif sewa tower dan hak dan kewajiban masing -masing pihak yang harus dituangkan dalam surat perjanjian. Saran dan komentarnya ditunggu di alamat email saya. Terima kasih.

  74. Apabila dari anda yang butuh lahan untuk mendirikan BTS di sekitar jawa tengah khususnya surakarta dan sekitarnya. Saya bisa menyediakan lahan yan diperlukan dengan jaminan tidak ada gangguan keamanan. terima kasih!

  75. Apabila dari anda yang butuh lahan untuk mendirikan BTS di sekitar jawa tengah khususnya surakarta dan sekitarnya. Saya bisa menyediakan lahan yan diperlukan dengan jaminan tidak ada gangguan keamanan. terima kasih! cp: 081804044932

  76. Pak sakti saya ada info menara masjid di menteng masih kosong untk dipasang bts apa saja kecuali telkomsel dan ijin tower dari pihak masjid dan tinggal pasang saja. kalau info ini bapak tertarik mohon ditindak lanjti terima kasih atas kerja samanya wasalam

  77. Pak Sakti Punten.. Saya ada lahan kosong bisa untuk di pasang BTS tempat strategis di daerah gegesik kabupaten Cirebon kalau bapak tertarik bisa menghubungi saya 08112406452 mohon agar ditindak lanjuti terimakasih. wasalam

  78. Pak sakti punten… Saya ada lahan kosong tempat strategis bisa di pasang untuk BTS di daerah Gegesik Kabupaten Cirebon kalau bapak tertarik bisa menghubungi saya 08112406452 mohon agar ditindak lanjuti, terimakasih. wasalam.

  79. feri nurhadiansyah

    saya ingin menyewakan tanah untuk di bangun tower telekomunikasi

  80. Nice post …salam kenal

  81. sukses bos.saya mau menawarkan sebidang tanah untuk dikontrak bikin tower.lokasinya di bandung.disitu baru ada dua rumah yg orangnya bs dipekerjakan untk maintenance shg hemat cost.bila minat telp saya 081327160008 atau email tifa.gusprabawa@gmail.com

  82. Dear Bapak Sakti,

    Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada Bapak. saya sangat bangga ada anak bangsa khususnya Jawa tengah semarang bisa menjadi orang yang sukses seperti Bapak,saya juga orang semarang yang bekerja d perusahaan telekomunikasi CITAC & CME&TE salah satu subcon Huawei, sejak lulus MTsN Borobudur tahun 1996 saya ingin sekali membuka usaha sendiri,di waktu senggang saya saya banyak sekali mencoba berbisnis baik hasil pertanian, acecories anak muda, soufenier pernikahan, sampai kerajinan,dan yang terakhir berdagang konfeksi keliling heheh ….. itu semua saya lakukan untuk merubah ekonomi keluarga yang waktu itu bisa dibilang belum cukup bahkan untuk biaya saya melanjutkan ke SMA keluarga saya tidak mampu (maaf curhat masa lalu) setelah itu saya mencoba merantau bekerja mencadi operator komputer disebuah rental di dekat kampus negeri di Semarang dan Alkhamdulillah saya dibukakan jalan dan bisa melanjutkan sekolah SMA (PKBM) bahkan sampai saya Kuliah di Universitas 17 Agustus Semarang dan sekarang masih proses belajar semester 7, sekarang saya bekerja di sebuah perusahaan Telekomunikasi dengan harapan saya mendapat bekal dan ilmu maupun koneksi yang luas dan nantinya saya bisa mempunyai usaha sendiri, saya mempunyai pengalaman 3 tahun dibidang telekomunikasi. dan berharap nantinya bisa seperti Bapak Sakti, sakti segalanya…… harapan saya bila Bapak berkenan saya ingin sekali bergabung dengan perusahaan Bapak maupun menjadi subcon dari perusahaan Bapak. saya mempunyai tim yang profesional dalam bidangnya dan memegang tanggungjawab yang tinggi, jika Bapak sakti berkenan berikut alamat e-mail saya anikol_copter@yahoo.co.id,terimakasih Bapak mau membaca artikel saya, Salam Hormat saya, semoga kebahagiaan, kesuksesan, selalu menyertai Bapak dan Keluarga, Amiiiinnn .

  83. Kalau ada yang berminat untuk memasang tower untuk internet. Tersedia space di lantai 3. Saat ini sudah ada tower BTS. Email ke trizteam@yahoo.com

  84. Pak Sakti Yth,

    bisa bantu informasi seputar kontrak serta tarif lahan yang disewa BTS telkonsem di wilayah ciputat (tangerang selatan)… ??

  85. Pak Sakti Yth,

    bisa bantu informasi seputar kontrak serta tarif lahan yang disewa BTS telkomsel di wilayah ciputat (tangerang selatan)… ??

  86. Allow….pak,,,,,,…..

  87. boss, ane pusing ngeliatin bisnis ente makin menggurita
    dan makin menggunung aje, daripade mikirin terus menerus
    tuh bisnis,sekali kali kite tanding catur lagi yuk…..

  88. Yth. Pengelola Perusahaan Penyewaan Tower

    Saya mempunyai tanah kosong yang terletak di pinggir jalan raya dan ada jalur pertigaan sangat setrategis untuk di bangun BTS. Beralamat di Jl. raya Kemiri-Kluwung Km.1 Kec. Kemiri-Purworejo Jateng 54262,untuk itu saya bermaksud menyewakannya. Segera hubungi saya ( Muhammad Hakim, SE) SMS dulu Hp. 085 228 809 293

  89. ahmad dahriyadi

    Kepada pak Sakti, salam sukses. Saya punya sebidang tanah 376 m2 di dekat Jl. Ciu Pandeyan Grogol Sukoharjo. Saya berniat untuk menyewakan tanah tersebut untuk pendirian BTS. Jika bapak berkenan, mohon untuk ditindaklanjuti oleh tim Bapak. Sepertinya, lokasinya cukup potensial. Terima kasih.

  90. ahmad dahriyadi

    Kepada pak Sakti, salam sukses.
    Pak, saya punya sebidang tanah seluas 376 m2 di dekat Jl. Ciu Pandeyan Grogol Sukoharjo Jawa Tengah. Saya bermaksud untuk menyewakan tanah tersebut utk keperluan pendirian BTS. Sepertinya lokasinya sangat potensial pak. Mohon tindak lanjutnya. Terima kasih

  91. INSIATUN NAYIROH

    Pak Sakti yg terhormat,
    Saya menpunyai tanah kosong yg strategis untuk dibangun BTS , saya berniat untuk menyewakannya.
    Lokasinya berdekatan dg pasar Bantargebang Bekasi, luasnya 280 mtr dan bisa masuk atau dijangkau kendaraan roda empat. Ini no HP saya
    081384084183
    Terimakasih.

  92. yth. bpk sakti.
    saya tertarik untuk bekerjasama dengan bpk sakti dalam hal sewa menyewa TBS untuk itu kalau bpk berkenan, saya mempunyai tanah berstatus hak milik yaitu lebar 14 m x 20 m yang cukup stategis dan potensial dikota Pontianak Kalbar tepatnya di JL.Tebu Kelurahan Sei Beliung Kec. Sei Jawi. untuk itu kalau memang berkenan bpk bisa mengecek kelokasi tersebut atau ke No Hp saya No: 081256868303 pasti saya dengan senang hati meresponnya. terima kasih. maju terus pak sakti.

  93. yth. bpk sakti.
    saya tertarik untuk bekerjasama dengan bpk sakti dalam hal sewa menyewa BTS untuk itu kalau bpk berkenan, saya mempunyai tanah berstatus hak milik yaitu lebar 14 m x 20 m yang cukup stategis dan potensial dikota Pontianak Kalbar tepatnya di JL.Tebu Kelurahan Sei Beliung Kec. Sei Jawi. untuk itu kalau memang berkenan bpk bisa mengirim tim utk mengecek kelokasi tersebut atau ke No Hp saya No: 081256868303 pasti saya dengan senang hati meresponnya. terima kasih. maju terus pak sakti.

  94. YTH. Mr. sakti
    harga kontrak sewa tanah untuk pembangunan menara BTS di tegal kira-kira berapa yah?? ada referensi…tks…

  95. Salam kenal dan sukses selalu, saya juga mau menawarkan buat kerjasama BTS ini jika anda berkenan. Lokasi saya di Kebumen tepatnya didaerah Kec.Padureso. Saya ada lahan kosong dan cukup luas jika untuk pembangunan BTS. Jika anda berminat silahkan hubungi kami. dinomor Telp.(0287)5522147. Terima Kasih Hasyim

  96. Dear Bapak Sakti,
    dengan hormat;

    HAL : untuk menghemat beban tagihan listrik PLN per bulan pada BTS

    Nama Saya Zakaria,saya sebagai Subcon PLN conection untuk pekerjaan BTS. sesuai dengan informasi dari perusahaan bapak saya bermaksud untuk menawarkan satu bidang sesuai dengan yang sering terjadi untuk pekerjaan BTS. khususnya elektrical mekanical PLN conection. karna seringnya pengajuan daya yang berlebihan sehingga untuk beban pembayaran menjadi kena jam minimal penyalaan untuk listriknya, jika dihitung rupiah dan dikalikan hari serta jumlah BTS yang telah menggunakan energi PLN maka jumlah rupiah tersebut menjadi besar. maksud saya ingin mengajukan konsultan dalam pelaksanaan pemasangan PLN Conection untuk pekerjaan projeck2 BTS dan memberikan saran ke operator baik pendor,maencon untuk lebih meminimalkan pengajuan PLN conection sesuai kebutuhan, adapun untuk pengembangan selanjutnya nanti dapat berjalan dengan sendirinya, sehingga keuntungan dan untuk operasional bulanan khususnya pemakaian energi listrik PLN bisa di minimalkan tagihannya,

    adapun kenyataanya sering saya jumpai ketika pengukuran besar ampere yang selisih jauh dengan beban pemakaian,yang dimaksud adalah pengajuan ampere PLN besar tetapi beban pemakaian jauh lebih sedikit dan terbebani biaya bulanan reckening tagihan pemakaian listrik yang besar pula karna dihitung sesuai pemakaian minimal jam nyala..jika dihitung2 berapa rupiah yang terbuang sia sia.karna daya listrik yang tidak terpakai tetapi terkena beban pembayaran

    Mohon jadi perhatian dan kerjasamanya, adapun untuk profil perusahaan dan bio data saya dapat kirim ke Email : zaka.extra@yahoo.co.id
    Contac Person : zakaria 081228255727

  97. yth bapak sakti
    salam sukses selalu
    begini pak dua bulan lalu rumah saya mau disewa oleh salah satu kontraktor xl mereka sudah ngecekrumah saya dan kamipun setuju dengan semua persyaratan dan harga sewanya setelah semua surat kami berikan dan sudah kami tandatangani dengan bermaterai tapi sampai hari ini kami belum dapat kepastiannya kalau bapak berminat kami mau menyewakannya lokasinya dicileduk pondok pucung karang tengah bisa hub kami di08176880103 atau kirim ke email wenilaw@yahoo.com

  98. yth bpk Sakti
    saya mau menawarkan rumah saya untuk disewakan karena sudah ada titik kordinatnya apabila bapak berminat bisa dicek atau hub saya di 08176880103 trims lokasinya daerah cileduk email : wenilaw@yahoo.com

  99. Muhammad Bawono Ontoseno

    Sugeng Pagi bpk. Wahyu.
    Ikhtiar, keuletan, kesabaran, wawasan & perkiraan masa depan bapak mengenai usaha/bisnis menara telekomunikasi patut kami jadikan teladan. Selamat berkarya & semoga semakin berkembang mutu & jumlahnya, amiin.

  100. Saya sangat tertarik dengan artikel Bapak, saya sendiri mempunyai lahan di Magetan tepatnya di Ds. Sayutan Kec. Parang. Di daerah ini untuk penerimaan signyal daru berbgai operator sangat sulit, bisa dibilang putus nyambung. Padahal dengan berkembangnya daerah ini sangat dibutuhkan penerimaan signal yang bagus. Saya menawarkan lahan saya untuk dikontrak sebagai tempat mendirikan tower ddngan harga sewa yang murah dengan alasan saya sendiri juga sering mengalami kendala dalam komunikasi karena tidzk adanya signyal yang bagus. Untuk lahan yang saya tawarkan sendiri terbilang cukup strategis dan pada ketinggian yang ideal. Saya juga bersedia menjadi tenaga teknik jika Bapak mau menerima saya. Apabila Bapak berminat dzn berkenan silakan menghubungi saya melalui alamat email ataupun contack HP 085231682779. Atas perhatian yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih.

  101. saya ingin menjual lahan berikut towernya … luas tanah +_ 1000mtr dengan ketinggian tower +_42 mtr …kira kira harga nya berapa ya ???

  102. Imam Ghozali

    Bos mungkin di daerah kami, bisa di bangun pengadaan tower BTS, km siap membantu untuk pembebasan lahan.

  103. Bos
    sy py lahan (tanah) d madura, mungkin bs d bangun tower atau d daerah kami yg cocok untuk di bangun tower kami akan siap membantunya
    081703675905

  104. reylen julianto se

    Q punya ruko q mau tak sewakan buat bts kalo ada yg berminat

  105. reylen julianto se

    Q punya ruko q mau tak sewakan buat bts kalo ada yg berminat.lokasi di surabaya tambaksari

  106. comf aja, kalau ada yg butuh material CME Grounding dan Fabrikasi, kami Sari Ruqindo menyediakan berbagai macam material, dan siap mensupply yg dibutuhkan serta Harga Terjangkau.

  107. Kepada Bp Sakti, saya mempunyai Tanah di Medan dan sangat cocok untuk dibangun BTS,dan sudah ada titik kordinatnya, dengan lokasi yang strategis dan kepadatan penduduk dan bangunan, untuk info selanjutnya bisa menghubungi saya 081370651273

  108. Saya sangat tertarik dengan artikel Bapak, saya sendiri mempunyai lahan di Cibarusah Ds. sindang mulya kp muncang Rt002 rRw 002 . BEKASI JABAR kode pos 17343 luas tanah 300 meter atas nama saya Narto menawarkan lahan saya untuk dikontrak sebagai tempat mendirikan tower . Untuk lahan yang saya tawarkan sendiri terbilang cukup strategis dan pada ketinggian yang ideal. silakan menghubungi saya melalui contack HP 02198397642 atau alamat email athoonarto@yahoo.com Atas perhatian yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih.

  109. saya mempunyai lahan di kampung muncang tepatnya di Ds.sindang mulya Kec. cibarusah bekasi jawabarat kp 17343 Di daerah ini untuk penerimaan signyal daru berbgai operator sangat sulit, bisa dibilang putus nyambung.

    Saya menawarkan lahan saya untuk dikontrak sebagai tempat mendirikan tower Untuk lahan yang saya tawarkan sendiri terbilang cukup strategis dan pada ketinggian yang ideal. berkenan silakan menghubungi saya melalui alamat email athonarto@yahoo.comdan no hp 02198397642. Atas perhatian yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih.

  110. andi surahman

    pak sakti.. saya minta contoh proposal pengajuan sewa tempat untuk pendirian BTS.. karena di desa sekitar lingkungan saya tidak ada sinyal apapun (blank spot area)…. mohon contoh tersebut dikirim melalui email lekandi@ymail.com

  111. KEPADA YTH BP.SAKTI,SAYA MEMPUNYAI TANAH KOSONG PLUS BANGUNAN RUMAH UNTUK DISEWAKAN,BISA DIBANGUN BTS DENGAN LOKASI STRATEGIS.SAYA BERDOMISILI DI REJANG LEBONG KOTA CURUP PROPINSI BENGKULU.UNTUK INFO SELANJUTNYA BISA HUBUNGI SAYA DI 085273750669.TRIMS.

  112. yth bp sakti saya ada tanah kosong berupa kolam berpagar keliling di daerah cilacap akses mudah dan aman mungkin bisa d bangun BTS pak trims?CP 081327388688

  113. Kepada Bp.Sekti, saya mau menawarkan saja, menurut Bp gimana, saya bekerja di Perusahaan Perkebunan tepatnya di Papua ,Kab. Merauke, disini kami sekitar 700 san Karyawan, dan masih berkembang nantinya bisa mencapai angka puluhan ribu, kalau daerah kami didirikan BTS menurut Bp gimana, lahan listrik bisa dinego pada Pihak Peruahaan saya bekerja, ini alamat email sy, arfimanuki@gmail.com / dp-01@korindo.co.id

  114. saya ada tanah seluas 75m2 di daerah cibubur…ingin saya sewakan untuk bts…bisa hub saya di 081385234433

  115. Fitri Corliss

    Kepada Yth
    Bapak Sakti,

    saya minta contoh proposal pengajuan sewa tempat untuk pendirian BTS.. karena di desa sekitar lingkungan saya tidak ada sinyal apapun (blank spot area)…. mohon contoh tersebut dikirim melalui email V3shevaalfian@gmail.com

  116. http://google.com

    I desired to share this specific article, “Sakti Wahyu Trenggono: Dari
    Agen Perangkat Telekomunikasi Menjadi Raja Menara BTS | be Entrepreneur |
    kumpulan tulisan” with my best close friends on twitter.
    Ionly just wished to distribute your great posting!
    With thanks, Kiera

  117. kalo yg sudah sewa…..terus kemana kalo mau memperpanjang….apakah ke telkomsel atau kemana

  118. saya ingin menyewakan tanah untuk bts lokasi cilacap kota.no hp saya085647812221

  119. saya ingin menyewakan tanah untuk lokasi bts, di daerah cimahi dekat kampus Unjani, perkampungan padat….bisa hubungi 08179286545 (kustiaman)

  120. assalamu ‘alaikum wr. wb.
    PT Menara Indonesia yg saya hormati atau sesiapa yang bisa memberikan solusi..
    Saya minta contoh proposal pengajuan pendirian menara BTS..Ataupun cara memohon/mengajukan pembangunan BTS mengingat desa kami. Desa Pasang, Kec. Maiwa, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan (bersama sekitar 8 desa disekitarnya) belum tersentuh jaringan seluler. Kami memohon bantuannya (lahan untuk BTS disiapkan oleh warga).
    CP : 085299221184
    email : aco_arrahman@yahoo.co.id

    Terima kasih

  121. KEPADA YTH BP.SAKTI,SAYA MEMPUNYAI TANAH KOSONG SELUAS 250 M2,BISA DIBANGUN BTS DENGAN LOKASI STRATEGIS. YANG BERLOKASI DI WILAYAH CIREBON TIMUR JAWA BARAT, TEPATNYA DI DESA BABAKAN DEKAT DENGAN PASAR DAN KOTA KECAMATAN UNTUK INFO SELANJUTNYA BISA HUBUNGI SAYA DI 085295561816.TRIMS.

  122. Bpk. Sakti Yth,

    Saya ingin menyewakan tanah untuk keperluan BTS, lokasi di wilayah kec. Purwoasri – Kediri, Jawa Timur.
    Sertifikat atas nama saya sendiri, mohon diperhatikan di daerah saya ini untuk sinyal XL, Indosat, dan Telkom Flexi sangat lemah sekali bahkan sering hilang.

    No. Hp saya, 085203399583

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  123. Bpk. Sakti Yth,

    Saya ingin menyewakan tanah untuk pendirin BTS, lokasi di wilayah kec. Purwoasri – Kediri, Jawa Timur.
    Sertifikat atas nama saya sendiri, mohon diperhatikan di daerah saya ini untuk sinyal XL, Indosat, dan Telkom Flexi sangat lemah sekali bahkan sering hilang (blank spot area).

    No. Hp saya, 085203399583
    Email : masrian81@gmail.com

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  124. Bpk. Sakti Yth,

    Saya ingin menyewakan tanah/lahan kosong untuk BTS di wilayah Kec. Purwoasri – Kediri Jatim.
    Daerah saya ini kawasan sentra home industri tapi kendalanya jaringan komunikasi yg kurang bagus karena sinyalnya sering hilang (blank spot area) khususnya XL, Indosat, Flexi, dan Axis.

    Bila bapak Sakti berkenan bisa hubungi saya di,
    No. Hp : 085203399583
    Email : masrian81@gmail.com

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  125. Saya ingin menyewakan tanah untuk bts lokasi tebel gedangan sidoarjo minat hub 085645471396

  126. feri engla bismark

    saya berada di daerah sumbar khususnya daerak kabupaten padang pariaman dan kota pariaman, kalau perusahaan bapak ingin membuat tower tang bts lokasinya ada di daerah saya, saya siap menjadi mitra penyediaan lokasinya, kalau bapak berminat, dapat menghubungi saya feri di 085274217131

  127. ahmad muktafin

    Saya ingin menyewakan tanah untuk keperluan BTS, lokasi di wilayah yang sedang pesat berkembang di kec. kaduhejo kabupaten pandeglang banten.
    Sertifikat atas nama saya sendiri, mohon diperhatikan di daerah saya ini untuk sinyal
    , Indosat, dan Telkom Flexi sangat lemah sekali bahkan sering hilang.
    ini no hp saya : 087773949345

  128. yth bpk sakti . saya ingin menyewakan tanah utk mendirikan tower BTS di daerah ciliengsi bogor .tepatnya dibabakan desa dayeuh luas tanah 200 m2,berminat silakan hub sy EKO 085810105421

  129. Yth Pa Sakti
    Saya ada lahan di area Ciamis Jawa Barat siap jual ukuran 20mx15m kelihatannya cocok untuk tower BTS,Map area,Gps koordinat,Accses road,Foto area,status lahan data-data pendukung tersebut.sudah ada
    Harga yang saya tawarkan 150 Juta (non sewa)
    Info : 087718342377 atau via email ;rahman_750@yahoo.com

  130. Dengan Hormat,

    Bersama ini saya berminat menyewakan lahan tanah kosong di daerah kota Pemalang? pantura tolong agar dibantu caranya bagaimana .
    Dulu ada beberapa orang yang datang dan berminat sewa tanah tersebut untuk proyek tower BTS informasi ini dari kaka perempuanku berhubung saat itu saya sibuk merantau dan belum ada niat utk disewakan, sekarang saya sudah stay di Pemalang dan berniat menyewakan tanah tersebut untuk tower BTS karena sampai saat ini masih kosong.
    Mohon agar dibantu jika ada yang berminat bisa menghubungi ke no saya: 081912459089 atau ke email.

    Terimaksih,

    Ali

  131. Wah ini trmsuk enterpreneur sejati..
    Saya pernah belajar enterpreneur tp.tidak percaya kalo hasilnya bakal sperti ini..jabata memang tidk trlalu pengaruh..k uletan sama keberanian lah y jd modal utama..
    Maaf sbelumnya kalo bpk skti berkenan untuk memberikan sdikit ilmu,saya memilik sbidang tanah skitar 2000an m/segi di bali tepatnya d kota negara..mohon info
    Vaiviliv@yahoo.com
    08567631945

  132. Dengan Hormat
    saya menawarkan sebidang tanah untuk dibangun BTS.di desa sidoluhur,kec.ambal, kab.kebumen jawa tengah.di daerah kami masih sulit mendapatkan sinyal xl,karena blm adanya BTS.hubungi sy di 087823466776
    terima kasih

  133. ass..slmat siang pak sakti.pak,sya punya rmah d daerah depok 2 timur dalam.sya ingin menyewakan tempat sya untuk d jdikan sebagai salah satu tempat berdirinya menara bts.baik menara yg kecil atau yg besar.sya berharap kita bisa bekerja sama. terima kasih

  134. Rumah saya lantai 2, tinggi gedung 10 meter. Daerah dataran tinggi, area Denpasar – Bali, ada XL & Three yg menawarkan membangun antena Monopol (BTS) di atas gedung dan sewa tempat 4 x 5 meter untuk alat2nya. Berapa pasarannya sekarang ya? Mohon info.
    Salam.
    SMS 081338379300 atau email: gedberly@gmail.com

  135. Maaf Pa, di desa saya, uda ada tanah yang di siapkan untuk kepentingan umum termasuk pemasangan jaringan BTS,jk bp bersedia, tolong konfirmasi lewat email saya.adpun daerah saya di kab. maluku tengah kec banda desa p. Rhun.

  136. Dear Mr. Sakti,

    Dengan hormat,
    Dengan ini saya ingin memberitahukan bahwasanya saya memiliki lahan, mohon kiranya Bapak atau tim Bapak dapat mensurvey tempat tersebut.
    Jika berminat harap hubungi saya email ke hz_intfdh@hotmail.com.

    Atas perhatan dan kerjasamanya saya ucapakn terima kasih.

    Regards,
    Hamzah

  137. dalta juhendrio

    Dengan hormat.
    sy tinggal di wilayah Tiram tapakis kab.padang pariaman sumbar.
    di daerah kami sedang byk pembangunan selain sudah adanya airport bim, dan yg lagi dibangun Pelabuhan laut dan sekolah BP2IP, Tiram.
    oleh karna itu sinyal jaringan seluler di wilayah kami sangat lemah ( susah sinyal) utk semua operator apalagi internet.
    kami menawarkan dan ingin bekerja sama dengan seluruh perusahaan telekomunikasi yg ingin memasang Tower bts di lahan kami yg luas, dan sgt jauh jaraknya dr tower2 yg ada.
    utk itu silahkan hub saya RIO di no 082391149262 atau 081210297304 atau ke email sy delta.juhendrio@gmail.com
    kami siap utk menjaga dan memberikan kemudahan bagi perusahaan yg ingin bekerja sama dg kami

  138. nama saya Dasuki ,pemilik ruko 2.5 lt,paling atas sudah pakek dak beton lokasi di jl.raya ceger jurang mangu barat pondok aren tangerang selatan,sudah 2 vendor dari xl,telkomsel survey lokasi,katanya sangat bagus lokasi gedung saya.tapi semua belum deal,masalahnya izin di tangsel katanya sulit.bagi perusahaan yang sudah mengantongi izin di tangsel ,ingin menambah bts silahkan hub saya.087880648110 .terimakasih

  139. Yth Bp. Sakti W.T.
    Saya punya rumah diatas lahan 4,5m x 12m, dengan koordinat S – 7’13’32.56 dan E – 112’45’22.61 yang akan kami sewakan untuk mendirikan Tower BTS, daerah padat penduduk, sangat strategis dekat Jembatan Suramadu dan Dermaga Tanjung Perak, barangkali ada salah satu Owner yang butuh atau membutuhkan lahan tersebut, dimohon untuk menghubungi kami di Jl. Tenggumung Karya III no.39 – Kel Pegirian, Kec Semampir – Surabaya KP.60153 dengan Bp. Iddin Badaru – 085334303386

  140. saya punya pekarangan rumah luas di tengah kota bogor klu berminat silahkan

  141. Dengan Hormat.
    Bersama ini saya mempunyai ruko 4 lantai dak cor beton (posisi di huk) di komplek Ruko Mall Taman Palem / Mutiara Taman Palem, Cengkareng Timur- Jakarta Barat ingin menyewakan tempat untuk pemasangan BTS.

    Terima kasih

    Halim
    Hp 081315160808

  142. saya ada tanah d blakang rumah,,,boleh di sewa lau butuh tanah yang mau bangun tower,,daerah karangjaTI,,ngawi boz,,,hbungi;085645757247

  143. Dear Pak Sakti,

    Saya punya lahan di daerah Cilengsar seluas 400 m.
    cocok untuk di eksekusi pembangunan tower, lokasi pinggir jalan jalur alternatif tanjungsari – sumedang / subang.

    Bila membutuhkan silahkan hub. saya. 081806543043. terimakasih.

  144. Yth. Bapak Sakti

    saya menawarkan tanah di Kampung Kranggan Lembur, kelurahan Jati Rangga, kec. Jati Sampurna, Bekasi, dekat dengan Perumahan Citra Grand Cibubur. Tanah di pinggir jalan, seluas 100 m2.
    Jika Bapak berkenan, dapat menghubungi saya, eva, di 085695820060. atau di alamat email saya.
    Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s